Hadiri G20, Trump Malah Gantung Kesepakatan Dagang China

News - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
30 November 2018 08:53
Hadiri G20, Trump Malah Gantung Kesepakatan Dagang China
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan kepada wartawan bahwa ia "hampir" melakukan sesuatu terkait perdagangan dengan China, Kamis (29/11/2018).

Trump membuat pernyataan saat ia bersiap untuk berangkat ke pertemuan puncak G-20 dengan para pemimpin dunia di Argentina.



"Saya pikir kami sangat dekat untuk melakukan sesuatu dengan China tetapi saya tidak tahu apakah saya ingin melakukannya," kata Trump kepada wartawan, dilansir dari CNBC International. "Karena apa yang kita miliki saat ini adalah miliaran dan miliaran dolar yang datang ke AS dalam bentuk bea masuk atau pajak, jadi saya benar-benar tidak tahu."


Trump akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di sela-sela acara G20. Perdagangan dan bea masuk telah menjadi topik hangat di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara.

Sejak awal tahun ini, Trump mulai memberlakukan serangkaian peningkatan bea masuk pada barang impor China. China telah membalas dengan bea masuknya sendiri atas impor AS.

"Saya memberitahu Anda bahwa saya pikir China ingin membuat kesepakatan, saya berharap bisa membuat kesepakatan. Tapi sejujurnya, saya suka kesepakatan yang kita miliki sekarang."



Harapan selesainya perang dagang juga meredup saat beredar kabar bahwa penasihat Gedung Putih Peter Navarro akan ikut menghadiri makan malam antara Trump dan Xi di Argentina itu. Navarro dikenal sebagai seorang yang selalu bernada keras atau hawkish setiap kali berbicara mengenai hubungan dagang AS-China.

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading