Rizal Ramli Ibaratkan RI Seperti Pesawat, Satu Mesinnya Payah

News - Roy Franedya, CNBC Indonesia
27 November 2018 21:39
Rizal Ramli Ibaratkan RI Seperti Pesawat, Satu Mesinnya Payah
Jakarta, CNBC Indonesia - Ekonom Senior Rizal Ramli mengibaratkan ekonomi Indonesia sebagai sebuah pesawat. Untuk mengendalikan pesawat tersebut diperlukan dua mesin, yakni moneter dan fiskal-sektor riil.

Rizal Ramli mengatakan, mesin pertama yaitu sektor moneter harus dipuji. Di bawah kepemimpinan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, BI sangat pro-aktif dan ahead of the curve untuk stabilkan rupiah.

"Tetapi mesin kedua payah, tidak ada terobosan di sektor fiskal dan riil. Kepincangan peran itu akan berdampak pada stagnansi ekonomi di 5%, yang akan terus berlanjut karena andalan utama hanya kebijakan moneter," ujar Rizal Ramli dalam pernyataannya, Selasa (27/11/2018).


Rizal Ramli juga mengapresiasi perjanjian kerja sama currency swap BI dengan China sebesar US$28,8 miliar atau setara 2 miliar yuan. Kerja sama ini akan menguatkan posisi yuan, tingkatkan hubungan bisnis dengan Indonesia serta membantu menstabilkan rupiah.

"(Kebijakan ini) kurangi peranan dolar AS dalam transaksi valuta (asing). Tetapi supply valuta tidak akan berubah kecuali ada terobosan berarti di sektor riil. Impak dan implikasi geopolitik perlu diperjelas," ujarnya.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading