Buwas: Harga Beras Sudah Mulai Turun

News - Iswari Anggit, CNBC Indonesia
27 November 2018 19:37
Buwas: Harga Beras Sudah Mulai Turun
Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama Bulog, Budi Waseso, mengklaim harga beras medium saat ini telah turun menyusul operasi pasar yang dilakukan pihaknya.

Bahkan, katanya, untuk harga beras medium yang dijual saat operasi pasar ditetapkan hanya Rp 8.500 sampai Rp 8.800 per kilogram.

"Ya sekarang sudah mulai turun ya harga beras, kita juga sudah melakukan intervensi di pasar-pasar, termasuk Pasar Induk Cipinang. Di Cipinang hari ini beras medium sudah Rp 9.225/kg," ujarnya Selasa (27/11/2018).


Bahkan yang kemarin kita Jawa Tengah, Bulog menjual beras medium di tingkat kecamatan, desa. Jadi yang kita jual Rp 8.500 sampai Rp 8.800 harganya sampai ke konsumen," kata Buwas, Selasa (27/11/2018).

Sebelumnya, diakui Buwas, kenaikkan harga beras medium tidak hanya terjadi di Pulau Jawa, tapi juga di sebagian daerah luar Pulau Jawa, seperti NTT dan Maluku.

"Ada beberapa daerah, tapi saya tidak tahu persis yang ada kenaikan signifikan. Jawa sebagian, luar Jawa juga ada beberapa, seperti di NTT, Maluku," jelasnya.



Di sisi lain, Buwas mengatakan saat ini stok beras nasional dipastikan aman meski pihaknya selalu melakukan operasi pasar.

"Kita operasi pasar sejak saya jadi Dirut Bulog, selalu OP [operasi pasar]. Secara stok jumlahnya banyak, jangan khawatir, sampai Juli aman beras," tegasnya.

Secara keseluruhan, cadangan beras di Bulog saat ini mencapai 2,6 ton di mana dari jumlah itu sebesar 80% berjenis premium. Dia mengatakan konsumsi paling besar masyarakat memang adalah beras jenis premium.

"Beras premium stoknya banyak sekali. Beras medium hanya dikonsumsi sebagian kecil. Stok paling besar 80% itu premium. Jadi secara keseluruhan beras kita itu banyak. Posisi masih aman, masih 2,6[juta ton]," jelasnya.

"Saya mengikuti fluktuasi harga beras, seluruh Indonesia. Jadi dikala ada 1 daerah di Indonesia yang cenderung naik, itu beras medium ya, kita langsung intervensi", tegasnya. (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading