Eksklusif Menhub: Direktur Teknik Lion Air Disuspen 120 Hari

News - Wahyu Daniel, CNBC Indonesia
31 October 2018 18:53
Eksklusif Menhub: Direktur Teknik Lion Air Disuspen 120 Hari
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan pihaknya tidak memecat Direktur Teknik Lion Air, terkait tragedi jatuhnya pesawat JT 610 jenis Boeing 737 MAX 8. Direktur tersebut hanya disuspen atau dibebastugaskan sementara.

"Direktur Teknik Lion Air hanya saya suspen atau bebastugaskan selama 120 hari, bukan diberhentikan. Tapi bila memang diberhentikan oleh Lion Air ya itu hak mereka. Jadi nanti kita lihat hasil penelitian soal kecelakaan ini seperti apa. Bila tidak ada apa-apa bisa direktur itu bisa kembali lagi," kata Budi Karya kepada CNBC Indonesia, Rabu (31/10/2018).

Sebelumnya, pihak Lion Air menyatakan telah memberhentikan Muhammad Asif yang menjabat sebagai Direktur Teknik Lion Air. Posisi Direktur Teknik diganti oleh Muhammad Rusli sebagai pelaksana tugas Direktur Teknik Lion Air.


"Lion Air akan melaksanakan arahan dan keputusan Kemenhub untuk merumahkan serta memberhentikan Muhammad Asif yang menjabat sebagai Direktur Teknik Lion Air saat ini," kata Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro dalam rilisnya.

Budi Karya sebelumnya juga mengatakan, pemerintah memiliki kewenangan untuk melakukan pencopotan tersebut. "Kami punya kewenangan. Ini bukan pemecatan, ini pembebastugasan. Kalau sudah ada pemeriksaan dan dia tidak bersalah, dibebaskan, ini sementara," ujar Budi Karya.

Eksklusif Menhub: Direktur Teknik Lion Air Disuspen 120 HariFoto: infografis/JATUHNYA LION AIR BOEING 737 MAX 8/Aristya Rahadian Krisabella


Pencopotan sementara ini, Budi menjelaskan adalah untuk mempermudah proses pemeriksaan agar si pejabat lebih konsentrasi ke pemeriksaan. "Landasan hukumnya ada, ini hasil rapat saya dengan semua direktur dan dirjen udara."
(wed/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading