Rencana Bangun Kilang Tuban Mental, Geser ke Situbondo?

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
19 October 2018 16:47
Rencana Bangun Kilang Tuban Mental, Geser ke Situbondo?
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Pertamina (Persero) rupanya memiliki opsi untuk memindahkan lahan pembangunan kilang di Tuban menjadi di Situbondo, yang merupakan lahan milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN).

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menuturkan, Pertamina telah menyampaikan opsi tersebut kepada pemerintah dan saat ini tengah mengevaluasi keinginan PT Pertamina (Persero) untuk memindahkan lokasi pembangunan kilang minyak atau Grass Root Refinery (GRR) ke Situbondo. Sebelumnya, kilang minyak ini direncanakan dibangun di Tuban, Jawa Timur.




"Iya ada masalah lahan. Ada ide untuk ubah lokasi, tetapi masih opsi. Apakah tetap di Tuban atau ke Situbondo," ujar Arcandra kepada media saat dijumpai di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (19/10/2018).

Lebih lanjut, Arcandra mengatakan, dalam waktu dekat pemerintah akan kembali memanggil pihak Pertamina untuk memberikan informasi terkini atas lokasi kilang di Tuban tersebut. Ia menegaskan, pembangunan kilang yang tak kunjung terealisasi ini bukan berarti pemerintah tidak serius.

"Kami serius menggarap kilang. Kami sudah berikan fasilitas ke Pertamina, dan mereka sedang berusaha keras," tegasnya.

Adapun, sebagai informasi, usulan pemindahan lokasi ini memang diusulkan Pertamina sejak beberapa bulan lalu. Alasannya karena lahan seluas 800 hektare di Tuban, 50%-nya merupakan tanah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang kepemilikannya sulit diambil Pertamina. 

Dalam membangun kilang Tuban ini, Pertamina pun bermitra dengan perusahaan migas raksasa asal Rusia, Rosneft. Diperkirakan produk BBM yang nanti akan dihasilkan kilang Tuban adalah gasoline sebesar 80.000 barel per hari, Solar 99.000 barel per hari, dan Avtur 26.000 barel per hari. 

Rencana Bangun Kilang Tuban Mental, Geser ke Situbondo?Foto: Aristya Rahadian Krisabella


Sedangkan untuk produk baru petrokimia adalah polipropilen 1,3 juta ton per tahun, polietilen 0,65 juta ton per tahun, stirena 0,5 juta ton per tahun dan paraksilen 1,3 juta ton per tahun.  (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading