Internasional

AS Buka Perundingan Dagang dengan UE, Jepang, & Inggris

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
17 October 2018 07:26
AS mengumumkan perundingan untuk mencapai perjanjian dagang terpisah dengan Inggris, Uni Eropa (UE), dan Jepang.
Washington, CNBC Indonesia - Pejabat Amerika Serikat (AS) pada hari Selasa (16/10/2018) mengumumkan perundingan untuk mencapai perjanjian dagang terpisah dengan Inggris, Uni Eropa (UE), danĀ Jepang sebagai bagian dari upaya Presiden Donald Trump untuk menyeimbangkan perdagangan global.

Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer mengatakan pemerintah melaporkan kepada Kongres mengenai niatnya untuk menegosiasikan tiga perjanjian dagang terpisah.



"Kami berkomitmen untuk menyelesaikan perundingan-perundingan ini dengan hasil yang substansial dan tepat waktu bagi para pekerja, petani, peternak, dan pelaku bisnis Amerika," kata Lighthizer dalam sebuah pernyataan yang dikutip AFP.


Langkah ini terjadi setelah pemerintahan Trump berhasil menegosiasikan kembali kesepakatan dagang dengan Kanada dan Meksiko.

Dalam laporannya ke Kongres terkait Jepang dan UE, Lighthizer mengutip "ketidakseimbangan dagang AS yang kronis" dan mengatakan eksportir AS telah lama dihambat oleh berbagai halangan tarif dan non-tarif di Jepang dan Eropa.

Tujuannya, kata Lighthizer, adalah mencapai perdagangan yang lebih adil dan seimbang dengan rekan dagang AS.

Ia mengatakan AS akan menyepakati perjanjian dagang dengan Inggris segera setelah negara itu keluar dari UE di 2019.



(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading