Menko Darmin Jamin Mandatori B20 Lancar Mulai Oktober

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
05 October 2018 11:31
Pelaksanaan B20 dipastikan lancar per Oktober 2018
Jakarta, CNBC Indonesia- Sejak diluncurkan penggunaan biodiesel 20 atau B20 per 1 September 2018, masih terdapat hambatan baik di sisi pasokan maupun distribusi.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution berjanji segala hambatan tersebut segera dimitigasi dan pasokan B20 akan kembali lancar. "Kita berharap di bulan kedua, Oktober, itu akan berjalan penuh," ujar Darmin dijumpai di Gedung Kementerian Keuangan, Jumat (5/10/2018).




Ia menjelaskan mandatori B20, tetap berjalan selama ini meskipun tidak optimal. Jika ada hambatan bisa diukur dari tingkat distribusinya, yakni berapa banyak B0 yang tersalurkan karena pasokan FAME tak ada.

Sebulan berlalu sejak diluncurkan, realisasi program perluasan penggunaan B20 telah mencapai 81%. Hal itu disampaikan oleh Dirjen Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto kepada media saat dijumpai di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (3/10/2018).

"Sudah 81%, itu capaian total September kemarin," ujar Djoko.

Capaian tersebut belum bisa beranjak jauh lantaran masih adanya kendala yang dihadapi. Djoko menuturkan, kendalanya masih berkutat di seputar pasokan, dan pengecualian di tiga sektor, yakni alutsista, tambang Freeport, dan untuk PLN.
(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading