Demi Mobil Listrik, Volkswagen Akhiri Produksi Beetle 2019

News - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
14 September 2018 19:55
Demi Mobil Listrik, Volkswagen Akhiri Produksi Beetle 2019
Jakarta, CNBC Indonesia - Volkswagen mengumumkan akan berhenti memproduksi mobil ikonik, Beetle, tahun depan. Langkah itu sejalan dengan langkah perseroan yang bakal memproduksi mobil listrik secara massal.

Demikian laporan Reuters seperti dikutip Jumat (14/9/2018).

Sekadar kilas balik, VW Beetle mulai dikembangkan pada medio 1930-an. Produk itu dikaitkan dengan langkah Adolf Hitler hingga simbol kebangkitan Jerman sebagai pusat industri setelah perang dunia II.


Volkswagen menghentikan penjualan mobil berbentuk kepik ini di Amerika Serikat (AS) pada 1979. Namun, pada saat yang sama, perseroan memulai produksi untuk Meksiko dan Amerika Latin.

Pada pertengahan 1990-an, ketika Volkswagen berjuang untuk kembali menghidupkan penjualan di AS, petinggi perusahaan kala itu Ferdinand Piech mendorong untuk menghidupkan dan memperbarui desain Beetle.

Kakeknya yang bernama Ferdinand Porsche adalah pelopor desain Beetle. Hasilnya adalah sebuah mobil berbentuk bulan sabit dengan nama "New Beetle" yang diluncurkan pada 1998.

Mobil itu menawarkan sentuhan-sentuhan menarik, seperti vas bunga yang terpasang di dalam mobil.

New Beetle adalah produk populer pada tahun-tahun awalnya. Mobil itu terjual lebih dari 800 ribu unit di AS pada 1999. Namun, belakangan penjualan mobil AS menurun bersamaan dengan sebagian besar mobil-mobil kecil lainnya.

Secara keseluruhan, VW sudah terjual sekitar 500 ribu unit Beetle secara global sejak 1998. Volkswagen menjual total 11.151 unit Beetle di AS selama delapan bulan pada 2018, turun 2,2% dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Konsumen AS yang mengincar kendaraan Volkswagen yang lebih kecil memilih sedan Jetta atau kendaraan sport kecil (sport utility vehicle/SUV) Tiguan. Jetta, Tiguan, dan Bettle dirakit di sebuah pabrik di Meksiko untuk Amerika Utara dan pasar-pasar lainnya.

Akhir dari Beetle muncul sebagai titik balik Volkswagen. Selama tiga tahun terakhir, produsen otomotif Jerman itu diguncang dengan krisis dari skandal yang diakibatkan pengakuan pencurangan tes emisi mesin diesel.

Saat ini, Volkswagen bersiap untuk meluncurkan kendaraan-kendaraan listrik untuk menjaring generasi konsumen baru yang sadar lingkungan, alias anak-anak dan cucu dari peminat Beetle pada 1960-an.

Dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan akhir dari Beetle, Hinrich Woebcken selaku Kepala Volkswagen AS mengatakan karena perusahaan mempercepat strategi elektrifikasi, maka tidak ada rencana untuk menggantikan Beetle.

Meskipun begitu, pernyataannya tidak mengesampingkan hal tersebut suatu hari nanti. Dia menyebutkan I.D. Buzz, prototipe untuk reinkarnasi mikrobus di Abad 21.

Perusahaan sudah mengutarakan niat memproduksi kendaraan serupa dengan I.D. Buzz sebagai kendaraan listrik. Perusahaan menyatakan dua model khusus Beetle akan mengikuti daftar final, yakni Final Edition SE dan Final Edition SEL, di AS dan akan menawarkan teknologi bantuan pengemudi.

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading