Leasing Siap Beri DP 0% Buat Beli Mobil & Motor, Asal...

News - Gita Rossiana, CNBC Indonesia
16 August 2018 12:52
DP 0% akan diberikan kepada nasabah yang memiliki risiko rendah.
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan multifinance menyambut baik relaksasi uang muka (down payment/DP) menjadi 0%. Namun relaksasi tersebut akan diberikan kepada nasabah yang risikonya jelas.

Direktur PT. Mandiri Tunas Finance Harjanto Tjitohardojo menjelaskan, secara umum, pihaknya mengenakan DP secara rata 20%. Hal ini terkait dengan komitmen dan kemampuan bayar konsumen.

Selain itu, MTF juga mempertimbangkan hal lainnya, seperti pemberian diskon kendaraan dan LSM nakal di beberapa wilayah.


"Ada organisasi kemasyarakatan yg sengaja menggunakan nasabah untuk mendapatkan kendaraan dengan cara kredit, dimana setelah kredit, unit diambil alih mereka dan tidak melakukan pembayaran,"terang dia.

Sedangkan DP rendah, MTF akan berlakukan untuk segmen tertentu seperti untuk kebutuhan operasional perusahaan, program kepemilikan kendaraan, dan apresiasi bagu abdi negara.

"Jadi kami bisa berikan DP minim dengan catatan customer-nya jelas,"ungkap dia.

Di sisi lain, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno mengatakan, pemberian DP 0% ini memang sangat tergantung pada risiko nasabah. Dalam hal ini, multifinance harus benar-benar menggunakan prinsip pengelolaan manajemen risiko.

"Tergantung kalau diberikan kepada orang yang tepat misalnya ke perusahaan untuk program COP karyawannya perusahaan dengan jaminan gaji, kan aman,"kata dia.


Artikel Selanjutnya

Tarikan Leasing Ramai, Ada Fenomena Orang Turun Kelas Mobil!


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading