Jika Iuran Dinaikkan, BPJS Kesehatan Akan Dapat Dana Rp 5,4 T

News - Gita Rossiana, CNBC Indonesia
09 August 2018 14:49
Jika Iuran Dinaikkan, BPJS Kesehatan Akan Dapat Dana Rp 5,4 T
Jakarta, CNBC Indonesia - BPJS Watch menilai, BPJS Kesehatan memang tidak bisa terus-terusan mengandalkan dana bailout dari pemerintah. Ada saatnya, iuran peserta BPJS Kesehatan dinaikkan.

Koordinator BPJS Watch Timboel Siregar menjelaskan, sebelumnya memang ada wacana untuk menaikkan iuran bagi peserta mandiri tipe kelas III, yakni dari Rp 20.500 menjadi Rp 36.000 dan juga bagi peserta kelas II menjadi Rp 63.000.

Akan tetapi wacana tersebut masih belum terlaksana tahun ini karena menimbang tahun politik. "Namun sebaiknya perlu dinaikkan tapi secara bertahap," ujar dia kepada CNBC Indonesia, Kamis (9/8/2018).


Berbeda dengan peserta mandiri yang kenaikannya seharusnya dilakukan secara bertahap, kenaikan iuran peserta penerima bantuan iuran (PBI) sebaiknya dilakukan tahun ini. Pasalnya, hal tersebut bisa membantu mengurangi bailout langsung yang dikucurkan pemerintah, meski dananya juga berasal dari APBN.

Timboel memperhitungkan, ada potensi dana Rp 5,4 triliun yang bisa diperoleh BPJS Kesehatan dengan menaikkan iuran PBI. Hal ini bersumber dari kenaikan iuran dari Rp 23.000 menjadi Rp 27.000 yang dikali 92,4 juta peserta PBI dan 15 juta peserta jamkesda dan dikali 12 bulan.

"Dari kenaikan aturan bagi peserta PBI, potensi dana yang bisa diperoleh mencapai Rp 4,4 triliun dan dari Jamkesda sekitar Rp 1 triliun," ujar dia.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading