Tunggu Audit BPKP, Bailout BPJS Kesehatan Belum Jelas

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
09 August 2018 16:11
Tunggu Audit BPKP, Bailout BPJS Kesehatan Belum Jelas
Jakarta, CNBC Indonesia - Rapat tingkat menteri yang membahas tentang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang diselenggarakan hari ini (9/8/2018) belum menelurkan hasil. Pasalnya, pemerintah masih menunggu hasil audit.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan dalam pertemuan tersebut peserta rapat sepakat bahwa saat ini Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sedang melakukan audit internal BPJS.

"Tujuannya adalah untuk melihat secara detail pertama tagihan yang sudah dibayarkan oleh pemerintah sampai dengan tahun 2018 bulan Juli ini kemarin dan komponennya," ujar Sri Mulyani, di kantor Kementerian Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Kamis (9/8/2018).

"Kemudian kita juga ingin melihat polanya selama ini ke belakang sehingga kita juga bisa melihat sebetulnya tren dari masyarakat dalam menggunakan fasilitas kesehatan itu seperti apa."


Sri Mulyani menambahkan dalam rapat tersebut, menteri kesehatan (Nila Moeloek) juga menyampaikan beberapa yang langkah yang dilakukan dari sisi standarisasi layanan.

"Kita tunggu aja dulu satu minggu ya atau dalam waktu dekat ini BPKP akan menyampaikan kepada kita dan kita akan melihat angkanya ya," ujarnya.
Rapat pembahasan BPJS kesehatan diselenggarakan pada pada 14.00 WIB, yang dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dengan mengundang Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

Hadir juga dalam rapat Kepala Staf Presiden Moeldoko, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly serta Dirut BPJS Kesehatan Fahmi Idris. Rapat tersebut berlangsung selama 1 jam lebih.



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading