Internasional

Babak Baru Perang Dagang AS-China Akan Terjadi Bulan Ini

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
08 August 2018 07:15
Babak Baru Perang Dagang AS-China Akan Terjadi Bulan Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat (AS) akan mulai menarik bea masuk terhadap impor barang-barang dari China senilai US$16 miliar (Rp 230,8 triliun) pada 23 Agustus mendatang, kata Perwakilan Dagang AS (USTR) hari Selasa (7/8/2018) saat mengumumkan daftar bea impor final baru yang menyasar 279 lini produk impor.

USTR mengatakan hanya lima kategori produk yang dihapus dari daftar yang diajukan pada 15 Juni tersebut. Namun, semikonduktor, salah satu kategori terbesar, tetap masuk dalam daftar itu, Reuters melaporkan.


Daftar terbaru itu menjadikan berbagai produk bernilai total US$50 miliar sekarang menghadapi bea 25% yang dikenakan Presiden AS Donald Trump terhadap impor dari China. Pengenaan bea masuk itu dilakukannya dalam perang terhadap praktik hak kekayaan intelektual dan subsidi industri China yang ketegangannya terus meninggi dalam beberapa waktu terakhir.


China telah berjanji akan membalas kebijakan pengenaan bea masuk Washington dengan menerapkan tarif impor terhadap produk-produk AS dengan nilai yang sama. (prm/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading