RI Buka Keran Impor Selebar-lebarnya Bagi Produk Pertanian AS

News - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
06 August 2018 18:55
RI Buka Keran Impor Selebar-lebarnya Bagi Produk Pertanian AS
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjamin tidak akan menghambat ekspor produk pertanian Amerika Serikat ke Indonesia.

Mendag menuturkan hal itu langsung kepada Wakil Menteri Pertanian AS, ketika melakukan kunjungan kerja ke Negeri Paman Sam beberapa waktu lalu.

"Lalu, saya menerima Wakil Menteri Pertanian AS, saya katakan kita tidak memberikan batasan, tidak ada non tarrif barrier bagi produk agriculture AS karena memang putusan WTO haruskan kita merubah itu," kata Mendag.




"Jadi, silahkan saja impor dan sekarang kita tinggal mengatur sumber impornya dari mana. Kita akan serap cotton dan wheat AS. Masalahnya sekarang di harga, pada posisi oversuplai mereka, harga pasti turun. Pengusaha Indonesia absorb sebanyak-banyaknya."

Kebijakan Indonesia ini merupakan salah satu upaya agar AS tetap memberikan fasilitas tarif imporĀ rendah dalam skema generalized system of preferences (GSP).

Mendag juga menuturkan dirinya mendapat dukungan dari United States Trade Respresentative (USTR) terkait dengan isu GSP.

"Dinner di kediaman dubes dengan 8 congressman dari 4 negara bagian yang juga dihadiri Deputy USTR, kita mendapatkan support. Saya sampaikan semua peningkatan perdagangan ini bisa terjadi kalau ekonomi kita tumbuh, dan salah satu persyaratannya GSP kita tetap diberikan."


(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading