Jokowi Minta AS Tetap Beri Fasilitas Tarif Impor Rendah ke RI

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
05 August 2018 11:54
Jokowi Minta AS Tetap Beri Fasilitas Tarif Impor Rendah ke RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo meminta Amerika Serikat untuk tetap memberikan fasilitas tarif impor rendah dalam skema generalized system of preferences (GSP) kepada Indonesia.

Hal itu langsung disampaikan Jokowi ke Menlu Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo di Istana Merdeka hari ini, Minggu (5/8/2018).

"Presiden menyampaikan, harapan Indonesia tentunya fasilitas GSP tetap akan diberikan ke Indonesia," ungkap Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, yang ikut dalam pertemuan antara Jokowi dan Pompeo.


Dia menuturkan, Jokowi mengakan ke Pompeo kalau produk Indonesia tidak berkompetisi satu sama lain dengan produk AS.


"Kalau kita lihat dari barang [Indonesia] yang ada di GSP, 53% adalah terkait dengan produk yang diekspor oleh AS. Terkait proses produksi yang diperlukan [AS]," kata Retno.

Menlu juga mengatakan bahwa kunjungan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita ke AS beberapa waktu lalu menghasilkan komitmen antara Indonesia dan sektor swasta AS agar saling menguntungkan.

"Pak Mendag baru saja berkunjung ke AS berbicara dengan private sector di AS dan dari kunjungan tersebut intinya tampak komitmen untuk meningkatkan yang saling menguntungkan."

(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading