KAI Dapat Subsidi Rp 99,28 M untuk LRT Palembang

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
27 July 2018 08:21
Ada dua jenis tarif yang diterapkan untuk LRT Palembang dengan mempertimbangkan jarak antarstasiun.
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menerima subsidi senilai Rp 99,28 miliar untuk Light Rail Transit (LRT) Palembang, Sumatera Selatan yang menghubungkan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II - Ogan Permata Indah Jakabaring untuk periode 1 Juli sampai 31 Desember 2018.

Penandatanganan Kontrak Penyelenggaraan Subsidi Angkutan Kereta Api Perintis Tahun Anggaran 2018 dilakukan oleh Direktur Keuangan KAI Didiek Hartantyo dan Pejabat Pembuat Komitmen Pengembangan Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Aditya Yuniarto di Gedung Jakarta Railways Center, Senin (23/7/2018).

"Sesuai harapan Presiden RI, penyelenggaraan angkutan perintis LRT Sumatera Selatan ini tidak hanya untuk mendukung pelaksanaan Asian Games 2018, tapi juga diharapkan mampu menjadi solusi bertransportasi di kota-kota besar Indonesia," kata Didiek seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (27/07/2018).


"Keberadaan LRT diharapkan dapat mengurangi kemacetan jalan raya sehingga pada akhirnya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat karena proses distribusi barang/jasa semakin lancar," tambahnya.


Sebagai informasi, terdapat dua tarif LRT Palembang yang akan diberlakukan dengan mempertimbangkan jarak antarstasiun, yaitu sebesar Rp 10.000 untuk perjalanan dari Stasiun Bandara SMB II hingga Stasiun OPI Jakabaring dan Rp 5.000 untuk perjalanan dari stasiun setelah Stasiun Bandara SMB II tersebut, seperti dikutip dari detik.com.

Sementara itu, bertepatan dengan penandatanganan kontrak tersebut, pemerintah Sumatera Selatan juga melakukan uji coba terbatas LRT Sumatera Selatan sepanjang 22,3 Km dari Stasiun Bandara SMB II hingga Stasiun OPI Jakabaring.

Uji coba ini dikhususkan untuk penumpang TNI, Polri, aparatur sipil negara (ASN), dan aparat pemerintah lain di Sumatera Selatan yang berlaku hingga 31 Juli tanpa dikenakan biaya.
Artikel Selanjutnya

Dari Bandara Palembang ke Jakabaring, Naik LRT Cuma 41 Menit


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading