Bombardir Kritik JK: LRT Jakarta-Palembang hingga KA Sulawesi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
22 January 2019 12:16
Kritikan tersebut dilontarkan Wapres dalam acara Indonesia Development & Business Summit New Construction Opportunity 2019 Beyond Infrastructures
Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) kembali mengkritisi proyek pembangunan light rail transit (LRT) yang dibangun melayang (elevated) di luar Jakarta.

Kritikan tersebut dilontarkan Wapres dalam acara Indonesia Development & Business Summit New Construction Opportunity 2019 Beyond Infrastructures di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa (22/1/2019).




Tak hanya proyek LRT, JK pun mengkritisi sejumlah proyek pembangunan infrastruktur lainnya. Salah satunya, yaitu proyek rel kereta api Sulawesi Selatan yang akan diperpanjang hingga Manado. "Siapa yang mau naik? Barang apa yang mau diangkut dari selatan ke utara, utara ke selatan?," kata JK.

Saat ini, rel kereta api Sulawesi Selatan terbentang dari Makassar sampai Parepare. Namun, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menyebut akan kembali memperpanjang jalur tersebut. "Ini hanya perpendek saja di Sulawesi, untuk kebutuhan memperbaiki industri. Kalau barang, tidak akan efisien," katanya.

Deretan Kritik JK: LRT Jakarta-Palembang hingga KA SulawesiFoto: Proyek LRT Stasiun Taman Mini (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)


Tak hanya itu, JK pun mengkritisi proyek LRT Palembang yang dianggap tidak efisien dan ekonomis. Pembangunan infrastruktur ke depan, menurutnya, perlu dilihat lebih jauh. "Jadi banyak hal yang secara ekonomis, bukan hanya teknis tapi secara ekonomis. Tetapi jalan di daerah itu sangat penting sekali," jelasnya.



(miq/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading