Pertahankan Blok Rokan, Chevron Siap Investasi Rp 792 T

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
24 July 2018 19:27
Pertahankan Blok Rokan, Chevron Siap Investasi Rp 792 T
Jakarta, CNBC Indonesia- Upaya Chevron untuk bertahan di blok minyak raksasa RI, blok Rokan, tak main-main. Perusahaan migas asal Amerika ini disebut siap investasi hingga US$55 miliar atau setara Rp 792 triliun jika terpilih lagi untuk mengelola blok yang ada di Riau tersebut.

Hal ini diungkap oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Pandjaitan. "Dia (Chevron) mau investasi pertama US$33 miliar dan kedua US$55 miliar," kata Luhut saat dijumpai di kantornya, Selasa (24/7/2018).

Siang tadi, memang Luhut baru saja bertemu dengan Managing Director Chevron IndoAsia Business Unit Chuck Taylor. Kedatangan Chuck diakui oleh Luhut memang terkait blok Rokan, blok dengan produksi minyak terbanyak yang akan segera berakhir kontraknya dan sedang jadi rebutan antara Chevron dan Pertamina.


Menurut Luhut, sah-sah saja jika Chevron ingin maju lagi untuk mengelola blok ini. Tetapi, terbuka juga pilihan untuk join bersama Pertamina. "Chevron kan memang punya teknologi, dia bisa naikkan kapasitas cadangan blok tersebut ke 1,2 miliar barel," jelas Luhut.

Merinci soal janji investasi yang disiapkan Chevron, Luhut memaparkan bahwa investasi tersebut terdiri dari dua tahap. Pertama yakni untuk produksi total hingga 500 juta barel, nilai investasi yang dikucurkan senilai US$ 33 miliar. Masuk ke fase kedua, dengan produksi total 700 juta barel diperkirakan investasi bisa mencapai hingga US$ 55 miliar. "Ini untuk 20 tahun," katanya.



(gus/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading