Trump Ancam Perang Dagang, Menperin: AS Mau Kurangi Defisit

News - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
06 July 2018 13:09
Trump Ancam Perang Dagang, Menperin: AS Mau Kurangi Defisit
Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat diketahui tengah mengevaluasi 124 produk Indonesia. Hasil evaluasi itu akan menentukan apakah produk-produk tersebut masih pantas diberikan fasilitas semacam bea masuk yaitu generalized system of preferences (GSP), atau sudah saatnya ditarik.

"Engga apa-apa, soalnya kita udah menang lawan Amerika jadi mereka review kita," ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Jumat (6/7/2018).

Menperin mengatakan kebijakan evaluasi itu diambil Predisen Donald Trump karena AS ingin mengurangi defisit perdagangan dengan Indonesia.




"Ya tentu kita cari produk baru dan dalam tanda petik, langkah berikutnya harus kita antisipasi. Banyak sebenarnya kepentingan ekonomi Amerika di Indonesia. Oleh karena itu nanti kita bahas juga dalam hal yang sifatnya detil, " kata Menperin.

Dalam siaran pers, United States Trade Representative juga menduga Indonesia menerapkan beragam hambatan perdagangan dan investasi yang mengakibatkan dampak negatif serius atas perdagangan AS.
(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading