Internasional

Jika Trump Terus Ngotot, UE Siapkan Tarif Balasan Rp 4.000 T

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
02 July 2018 16:17
Para pemimpin Eropa semakin yakin Presiden AS Donald Trump akan mengenakan bea impor baru atas mobil-mobil dari Eropa.
Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat (AS) terancam dikenai tarif balasan baru senilai hingga US$300 miliar (Rp 4.316 triliun) bila melanjutkan upayanya mengenakan bea masuk baru terhadap mobil-mobil dari Uni Eropa (UE), Financial Times melaporkan dan dikutip CNBC International.

Dalam sebuah pernyataan tertulis kepada Departemen Perdagangan AS yang dilihat oleh media tersebut, UE dengan gamblang memaparkan rencana-rencananya untuk merespons rencana bea masuk AS terhadap kendaraan dari Eropa.

Menurut surat kabar itu, para pemimpin Eropa semakin yakin Presiden AS Donald Trump akan mengenakan bea impor baru atas mobil-mobil dari Eropa.


Dokumen tertulis yang dikirimkan UE itu juga menggarisbawahi merek-merek mobil Eropa yang mewakili lebih dari seperempat produksi mobil AS. UE menambahkan porsi tersebut sebagian besar berorientasi ekspor dan pengenaan tarif akan merusak pasar, menaikkan harga untuk konsumen AS, dan berpotensi memangkas lapangan pekerjaan.

Kepada Fox News akhir pekan lalu, Trump mengatakan UE "berpotensi seburuk China, hanya saja lebih kecil" ketika berbicara mengenai defisit perdagangan dengan negara-negara lain. Ia menambahkan "Apa yang mereka lakukan kepada kita sangatlah buruk."
(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading