Internasional

Efek Perang Dagang, Harga Jack Daniel's Naik

News - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
27 June 2018 13:15
Efek Perang Dagang, Harga Jack Daniel's Naik
Jakarta, CNBC Indonesia - Brown-Forman pada hari Selasa (26/6/2018) berkata akan menaikkan harga whiskey-nya, termasuk Jack Daniel's, di sejumlah negara-negara Eropa demi melawan tarif yang diterapkan ke poduk minuman beralkohol bourbon dari Amerika Serikat (AS).

Pembeli whiskey bermerek Jack Daniel's atau Woodford Reserve diminta mengantisipasi kenaikan sekitar 10% untuk harga botol standar 700 ml, kata Juru Bicara Brown-Forman Phil Lynch yang dikutip dari CNBC International hari Rabu (27/6/2018).

Brown-Forman adalah perusahaan AS terbaru yang mencoba menahan dampak dari bea masuk 25% yang Uni Eropa kenakan ke produk-produk AS, termasuk bourbon, sepeda motor, dan jeans. Tarif itu diterapkan sebagai balasan untuk bea impor baja dan aluminium AS.


Produsen sepeda motor Harley-Davidson sebelumnya pada hari Senin (25/6/2018) mengatakan pihaknya perlu memindahkan beberapa produksi AS ke negara-negara lain demi menghindari tarif Uni Eropa.


Konsumen kemungkinan akan merasakan harga eceran yang lebih tinggi selama beberapa bulan ke depan tapi tidak segera, kata Lynch, karena perusahaan menggunakan stok yang sudah dibuat beberapa bulan terakhir dalam mempersiapkan tarif di pasar-pasar, seperti Jeman dan Perancis. Pasalnya, pasar-pasar tersebut mengendalikan distribusi mereka.

Brown-Forman yang berbasis di Louisville mengendalikan distribusinya sendiri di sekitar dua-pertiga bisnis luar negeri.

Pada pasar di mana perusahaan mengandalkan distributor pihak ketiga, seperti Belgia dan Italia, keputusan tentang harga akan dilakukan oleh mereka, kata Brown-Forman. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading