Internasional

Perang Dagang, Lipstick Hingga Baja AS Kena Bea Impor Baru UE

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
22 June 2018 08:07
Perang Dagang, Lipstick Hingga Baja AS Kena Bea Impor Baru UE
Brussels, CNBC Indonesia - Berbagai produk Amerika Serikat (AS), mulai dari jeans hingga sepeda motor dan jus jeruk, masuk dalam daftar barang-barang yang ditargetkan Uni Eropa (UE) untuk dikenakan bea masuk dalam perang dagangnya dengan Negeri Paman Sam.

UE sebenarnya telah membuat daftar itu sejak Maret lalu namun baru secara resmi mengenakan tarifnya hari Jumat (22/6/2018) setelah Presiden AS Donald Trump melaksanakan ancamannya untuk mengenakan bea masuk 25% untuk impor baja dan 10% untuk aluminium, tulis AFP.

Daftar itu juga telah UE kirimkan kepada Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) pada 18 Mei lalu sebagai antisipasi bila Washington menerapkan tarifnya.


Daftar tersebut tidak mencantumkan merek produk yang dikenai bea masuk namun Kepala Komisi Eropa Jean-Claude Juncker di bulan Maret menyebutkan bahwa blok itu "mempersiapkan bea impor atas produk-produk AS, termasuk Harley-Davidson, Bourbon, dan jeans Levi's".


Berikut adalah sejumlah produk AS yang masuk dalam daftar pengenaan tarif baru UE.


Baja
Puluhan produk baja menjadi target pengenaan bea impor ini, termasuk balok dan batangan baja, gulungan baja, stainless steel, kabel, tabung, pipa dan perancah (scaffolding), juga peralatan dapur, oven, tangga, dan baskom cuci.


Pakaian dan kain
Pakaian, termasuk celana panjang dan celana denim katun - yang lebih dikenal dengan nama jeans - juga seprai dan alas kaki pria berbahan kulit. Pakaian renang dan pakaian dalam tidak masuk dalam daftar.


Kosmetik
Pemulas mata dan lipstick masuk dalam daftar pengenaan tarif. Impor UE dari AS untuk kedua produk ini bernilai lebih dari 280 juta euro atau sekitar Rp 4,6 triliun tahun lalu.


Transportasi
Sepeda motor dan sepeda kumbang "dengan mesin piston pembakaran internal resiprokal" berkapasitas 500 cc ke atas yang masuk daftar merupakan sebagian besar model motor Harley-Davidson. Kapal, yacht, kano, dan perahu dayung juga masuk dalam daftar pengenaan tarif itu.


Makanan dan minuman
Jagung, beras, buah cranberry, jus cranberry, jus jeruk, jagung manis, dna selai kacang termasuk dalam daftar produk yang ditargetkan UE.

Daftar itu juga berisi wiski bourbon. UE mengimpor sekitar 415 juta euro wiski dari AS tahun lalu ditambah sekitar 150 juta euro wiski tanpa sebutan "bourbon".


Produk lainnya
Rokok, cigar, cheroot (tipe cigar yang ramping), dan jenis produk-produk tembakau lainnya juga masuk dalam daftar.

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading