Internasional

Minggu Depan Bos Facebook Bersaksi Soal Kebocoran Data di UE

News - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
17 May 2018 15:17
Facebook harus mengklarifikasi isu-isu terkait penggunaan data pribadi dalam sebuah rapat dengan perwakilan parlemen Uni Eropa
Jakarta, CNBC Indonesia - Mark Zuckerberg, CEO Facebook, menolak undangan bersaksi di hadapan para pejabat Inggris. Namun, dia setuju untuk bertemu dengan Parlemen Uni Eropa (UE) secepatkan pekan depan.

"Konferensi Presiden telah sepakat bahwa Mark Zuckerberg harus datang untuk mengklarifikasi isu-isu terkait penggunaan data pribadi dalam sebuah rapat dengan perwakilan Parlemen Eropa," kata Antonio Tajani, Presiden Parlemen Eropa, dalam sebuah keterangan resmi yang dikutip oleh CNBC Internasional.

"Pendiri dan CEO Facebook telah menerima undangan kami dan akan berada di Brussels secepatnya, semoga pekan depan."


Para pejabat UE telah menerbitkan beberapa regulasi paling ketat terhadap Silicon Valley dalam beberapa bulan terakhir. Kebijakan yang paling terkenal adalah Regulasi Perlindungan Data Umum atau General Data Protection Regulation (GDPR) yang mewajibkan perusahaan teknologi besar seperti Facebook, Twitter dan Google untuk menyesuaikan kebijakan privasi secara signifikan.

"Masyarakat kami pantas memperoleh penjelasan lengkap dan rinci," kata Tajani. "Para raksasa situs harus bertanggungjawab terhadap konten yang mereka publikasikan."

Facebook menghadapi penyelidikan pemerintah dari regulator di seluruh dunia pasca laporan bahwa perusahaan riset Cambridge Analytica secara tidak wajar memperoleh akses ke informasi sensitif dari setidaknya 87 juta pengguna Facebook.

Seorang juru bicara Facebook mengonfirmasi bahwa Zuckerberg menerima undangan tersebut.

"[Kami] menghargai kesempatan berdialog, mendengarkan pandangan mereka dan menujukkan langkah-langkah yang sedang kami ambil untuk melindungi privasi masyarakat dengan lebih baik," kata juru bicara tersebut.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading