Perkembangan Teknologi

Ini Cara Agar Google Tak Lagi Memata-matai Anda di Online!

Tech - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
16 May 2018 18:14
Google meluncurkan halaman baru yang memudahkan pengguna mematikan semua riwayat aktivitas anda.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kasus kebocoran data pengguna facebook yang dilakukan oleh Cambridge Analytica menunjukkan betapa mudahnya perusahaan teknologi mengumpulkan data pengguna, padahal belum tentu pengguna mau memberikan data pada media sosial yang digunakan.

Google meluncurkan halaman baru yang memudahkan penggunanya untuk menghentikan serta mematikan semua riwayat aktivitas ketika sedang berselanjar di dunia maya.

Peluncuran halaman baru tersebut merupakan upaya Google dalam memenuhi peraturan perlindungan data terbaru di Eropa, namun halaman tersebut bisa digunakan oleh penggunanya di seluruh dunia.


Pengguna bisa menghentikan Google dalam melacak aktivitas web logging, riwayat lokasi, informasi perangkat, perintah suara yang di kirim ke Google Assistant, riwayat pencarian di Youtube dan lain-lain.

Mematikan fungsi pelacakan riwayat tersebut sangat mudah untuk dilakukan, namun perlu diperhatikan bahwa mematikan fungsi tersebut berarti layanan Google tidak akan bisa dikonfigurasi secara otomatis seperti biasanya.

Jika, privasi lebih penting bagi kenyamanan anda, berikut cara untuk membuat Google berhenti mencatat semua yang anda lakukan yang dikutip dari CNBC Internasional:

Mematikan fitur tracking
  • Kunjungi laman Google's Activity Tracking
  • Selanjutnya scroll menuju halaman bawah dan matikan pelacakan untuk setiap pilihan kategori dengan memencet ikon berbentuk pil biru di sisi kanan halaman.
Foto: CNBC International

  • Lakukan itu untuk aktivitas web dan aplikasi, riwayat lokasi, informasi perangkat, aktivitas suara & audio, riwayat pencarian Youtube dan riwayat tontonan Youtube.
  • Akan nada kotak konfirmasi yang muncul setiap kali klik "turn off" untuk mengonfirmasi perubahan.
Pil dan kotak biru akan berubah abu-abu itu artinya Google tak bisa lagi melakukan tracking aktivitas pengguna.
Foto: CNBC International

Mematikan iklan personal
Foto: CNBC International

  • Klik "ads" di bagian bawah activity controls page.
  • Matikan "ads personalitation" untuk mengonfirmasi perubahan dengan menekan tombol biru hingga berubah menjadi abu-abu saat dimatikan.



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading