Internasional

Mengenal CubeYou, "Kembaran" Cambridge Analytica

News - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
09 April 2018 12:49
Situr CubeYou mengambil data pengguna facebook mulai dari indentitas pribadi, surel, nomor ponsel,alamat IP, ID ponsel, usia, jenis kelamin hingga relationship.
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan data analitik CubeYou mengatakan lewat situsnya bahwa mereka menggunakan data sensus, serta berbagai situs dan aplikasi sosial di facebook dan twitter untuk mengumpulkan informasi pribadi. Setelah itu, CubeYou membuat kontrak dengan agen periklanan yang ingin menargetkan tipe-tipe pengguna facebook tertentu untuk kampanye iklannya.

Situs CubeYou menyebut pihaknya memiliki akses ke informasi identitas pribadi (personally identifiable information/PII) seperti nama depan, nama belakang, surel, nomor ponsel, alamat IP, ID ponsel dan sidik jari browser.

Melansir dari CNBC International, dalam versi chache di situsnya dari tanggal 19 Maret, CubeYou juga berkata menyimpan informasi usia, jenis kelamin, lokasi, pekerjaan, pendidikan, keluarga dan hubungan (relationship).


Perusahaan itu juga memiliki informasi tentang like, follow, postingan yang dibagikan, postingan, like terhadap postingan, komentar di postingan, check-in dan mention terhadap merek atau selebriti di dalam postingan. Interaksi dengan berbagai perusahaan dilacak sejak tahun 2012 dan diperbaharui secara mingguan, kata situs tersebut.

"Informasi PII dari panelis kami ini digunakan untuk memverifikasikan kelayakan [kami secara sadar tidak menerima panelis dengan usia di bawah 18 tahun di panel kami], kemudian memasangkan dan/atau menggabungkan sumber data online dan offline untuk meningkatkan profil mereka," tulis CubeYou.

Situs perusahaan tersebut mengklaim memiliki lebih dari 10 juta panelis yang ikut serta, tetapi informasi chache versi tanggal 19 September berkata pihaknya memiliki "panel tidak bias dari lebih dari 45 juta orang secara global".
Mengenal CubeYou, Foto: CNBC International
CubeYou mengumpulkan banyak sekali data melalui aplikasi online yang ditujukan untuk menghibur atau bersenang-senang.
Seorang eksekutif agen periklanan yang bertemu dengan perusahaan mengonfirmasi bahwa CubeYou mengatakan pihaknya sebagian besar mengumpulkan informasi lewat kuis.
Pertama Kali Dibuat Tahun 2013
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading