Wah, Penggunaan Biodiesel Ternyata Bikin Hemat Rp 12 Triiun

News - Wahyu Daniel, CNBC Indonesia
09 May 2018 11:46
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut dengan berjalannya kebijakan terkait biodiesel, negara bisa menghemat hingga Rp 12 triliun.
Jakarta, CNBC Indonesia- Penggunaan campuran biodiesel yang terus diperluas oleh pemerintah sejak tahun lalu, membuahkan hasil cukup signifikan. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut dengan berjalannya kebijakan terkait biodiesel, negara bisa menghemat hingga Rp 12 triliun.

"Tahun lalu untuk biodiesel 20% kita bisa hemat impor BBM sampai US$ 0,95 miliar, itu senilai Rp 12,2 triliun," ujar Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana dalam diskusi terbatas di kementerian, Selasa (8/05/2018).




Penghematan ini, kata Rida, dihasilkan dari realisasi konsumsi yang mencapai 2,68 juta kiloliter. Penghematan yang dicapai pada 2018 diharapkan bisa lebih besar sehubungan dengan rencana pemerintah yang menaikkan angka serapan biodiesel ke angka 3,5 juta KL.

Rida optimistis target ini bisa dicapai mengingat diterbitkannya beberapa aturan untuk penggunaan biodiesel di sektor non pso seperti untuk pemakaian alat berat pertambangan dan kereta api. Untuk alat berat pertambangan, penggunaan biodiesel untuk solar sebesar 15% (B15).


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading