Masyarakat Pakai Kartu Debit dengan Nilai Transaksi Rp 1,89 T

News - Gita Rossiana, CNBC Indonesia
03 May 2018 10:15
Masyarakat Pakai Kartu Debit dengan Nilai Transaksi Rp 1,89 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) mencatat transaksi kartu debit terus meningkat sejak Desember 2017. Peningkatan ini berlanjut hingga Maret 2018.

Direktur Eksekutif Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) Pungky Wibowo menjelaskan, pada Desember 2017, jumlah transaksi kartu debit mencapai 442.000 transaksi dengan nilai transaksi Rp 219,5 miliar.

"Berdasarkan informasi yang kami terima dari lembaga switching, rata-rata volume transaksi kartu debit meningkat hingga 143,7% per bulannya," ujar Pungky di Gedung BI dalam acara Peluncuran Kelembagaan GPN pada Kamis, (3/5/2018).


Volume transaksi kartu debit ini, lanjut Pungky terus meningkat hingga Maret 2018 dengan volume transaksi 338 juta dan nilai transaksi Rp 1,89 triliun.

Menurut Pungky, volume transaksi ini akan terus meningkat seiring dengan implementasi GPN. Salah satunya melalui penggunaan kartu debit berlogo GPN.

Pungky menyebutkan, dari 100 penyelenggara jasa sistem pembayaran, sekitar 98 bank telah memperoleh logo GPN dari BI. Dari jumlah tersebut, Pungky mencatat 38 bank sudah berhasil mendistribusikan 60% dari 400.000 kartu yang berhasil dicatat oleh BI.

Selain mengimplementasikan kartu debit berlogo GPN, BI juga mengukuhkan kelembagaan GPN. Sebagai lembaga standar, BI sudah menetapkan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). Kemudian adapula perusahaan penyelesaian transaksi elektronik nasional sebagai lembaga service GPN.

Sedangkan untuk lembaga switching, tercatat sampai saat ini sudah ada empat lembaga switching, yakni PT Rintis Sejahtera, PT Artajasa Pembayaran Elektronis, PT Alto Network dan PT Jalin Pembayaran Nasional.
(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading