Masyarakat Antusias Pakai Kartu ATM 'Garuda'

News - Gita Rossiana, CNBC Indonesia
27 April 2018 14:03
Masyarakat antusias menggunakan kartu ATM/Debit Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) berlogo 'Garuda'.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kendati baru beberapa bank yang meluncurkan kartu ATM/Debit Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) berlogo 'Garuda' namun antusiasme masyarakat masih cukup banyak. Hal ini terlihat dari jumlah kartu debit yang diterbitkan oleh bank tersebut.

Direktur PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Tambok P Setyawati menjelaskan, BNI sudah meluncurkan kartu ATM/Debit berlogo GPN sejak 23 Maret 2018. Sampai saat ini, sudah ada 1.000 kartu GPN yang tersebar di wilayah Jakarta.

Untuk mendukung kenyamanan transaksi kartu debit tersebut, perseroan juga melakukan interkoneksi dengan mesin-mesin EDC. "Saat ini, 100% mesin EDC BNI sudah terkoneksi dengan GPN," kata dia.


Di sisi lain, Direktur PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Rico Usthavia Frans mengungkapkan, sambutan masyarakat terhadap kartu GPN cukup bagus. Pihaknya juga menyiapkan pelayanan di cabang untuk memudahkan penyaluran kartu GPN.

"Kami targetkan kartu GPN tahun ini sekitar 3-4 juta kartu," ujar dia.

Direktur Eksekutif Departemen Elektronifikasi dan GPN BI Pungky Wibowo mengungkapkan, semenjak banyak bank meluncurkan kartu debit berlogo GPN, jumlah pemegang kartu debit semakin bertambah. Pasalnya, kartu GPN ini membuat transaksi antar bank semakin murah.

"Minggu lalu saya sampaikan sudah ada 170 juta, sekarang sudah tambah 177 juta pemegang kartu debit, sekarang sudah jauh bertambah," papar dia.


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading