Bank Mandiri Punya Student Loan, Cicilan Mulai Rp 400 Ribuan

News - Herdaru Purnomo, CNBC Indonesia
19 April 2018 09:50
Bank Mandiri Punya Student Loan, Cicilan Mulai Rp 400 Ribuan
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Mandiri Tbk meluncurkan kredit pendidikan bagi para mahasiswa. Cicilannya cukup murah, mulai Rp 400.000 per bulannya.

Kredit pendidikan Bank Mandiri didesain untuk memudahkan mahasiswa, seperti persyaratan yang ringan, limit kredit yang disesuaikan dengan kebutuhan akademik, pembayaran berjenjang sesuai pola pendapatan dunia kerja dan penggunaan kredit yang fleksibel.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman A. Ariyanto menjelaskan untuk memperoleh kredit pendidikan, mahasiswa calon debitur akan melalui proses seleksi internal di universitas, sehingga diperoleh calon yang paling unggul antara lain terkait indeks prestasi serta latar belakang pendidikan.


"Melalui produk ini kami ingin mendukung program peningkatan kualitas pendidikan di Tanah Air yang dicanangkan pemerintah, sekaligus mendukung upaya mengubah paradigma konsumsi masyarakat kepada hal-hal yang bersifat produktif, termasuk jasa pendidikan," kata Sulaiman dalam keterangan persnya, Kamis (19/4/2018).

Kredit pendidikan Bank Mandiri, lanjut Sulaiman, bebas biaya provisi dan administrasi kredit serta sudah termasuk asuransi jiwa. Untuk pembayaran angsuran, mahasiswa akan diberikan tiga pilihan, yakni pembayaran angsuran dimulai setelah mahasiswa bekerja, pembayaran angsuran secara berjenjang dimulai sejak mahasiswa kuliah atau pembayaran angsuran secara normal dimulai sejak mahasiswa kuliah.

Penyaluran kredit pendidikan Bank Mandiri dilakukan dengan tiga skema, yaitu skema Mahasiswa Bidikmisi, Skema Mahasiswa entrepreneur atau UKM Berprestasi, serta skema untuk Dosen. Untuk skema mahasiswa bidikmisi, fitur kredit pendidikan yang disiapkan adalah limit kredit maksimal sebesar Rp 75 juta dengan tenor maksimal selama 10 tahun dan indeks prestasi kumulatif mencapai minimal 3,5.

Pembayaran angsuran dimulai setelah mahasiswa bekerja, atau dilakukan secara berjenjang dimulai sejak mahasiswa kuliah, dengan besar cicilan disesuaikan dengan biaya hidup. pada skema ini, mahasiswa yang menjadi debitur juga dapat membayar angsuran secara normal sejak mahasiswa kuliah dengan nilai angsuran mulai dari Rp 466.000 per bulan.


Untuk skema penyaluran Mahasiswa entrepreneur atau UKM Berprestasi, Bank Mandiri menyiapkan limit pembiayaan hingga Rp 100 juta dengan tenor 10 tahun. untuk mendapatkan kredit dengan skema ini mahasiswa harus mencapai indeks prestasi kumulatif minimal 3,25. pembayaran angsuran dapat dilakukan secara berjenjang maupun dilakukan secara normal sejak mahasiswa kuliah.

Peluncuran 'student loan' ini dilakukan di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

"Kami juga menyiapkan fitur kredit pendidikan untuk dosen UGM dengan limit kredit maksimal sebesar Rp 200 juta dengan tenor maksimal selama 10 tahun atau disesuaikan dengan usia pensiun dan angsuran maksimal sebesar 70% dari income per bulan," ujar Sulaiman.

Rektor Universitas Gadjah Mada Prof. Panut Mulyono mengemukakan, kredit pendidikan ini merupakan kolaborasi yang baik antara perbankan dan universitas.

"Sinergi ini akan mampu mengoptimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk memacu mahasiswa dan memberikan akses pendidikan yang merata bagi seluruh generasi muda Indonesia guna meningkatkan kapasitas untuk memiliki daya saing tinggi di masa depan sehingga mampu mendorong Indonesia berkembang ke arah yang jauh lebih baik," ujar Panut.

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading