Pakai Kartu Garuda, Tak Perlu Lagi Bayar Royalti ke Visa Cs

News - Gita Rossiana, CNBC Indonesia
16 April 2018 16:07
Satu lagi bank yang meluncurkan kartu ATM/Debit berlogo nasional dengan simbol garuda merah, yakni PT Bank Central Asia Tbk (BCA).
Jakarta, CNBC Indonesia - Satu lagi bank yang meluncurkan kartu ATM/Debit berlogo nasional dengan simbol garuda merah, yakni PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Peluncuran kartu ATM berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) ini diharapkan bisa menghilangkan biaya royalti yang selama ini dibayarkan ke prinsipal asing seperti Visa dan Mastercard.

Direktur BCA Santoso menjelaskan pada tahun ini, perseroan akan menerbitkan 2 juta kartu paspor BCA berlogo GPN. Sementara saat ini, jumlah pemegang kartu debit BCA mencapai 16,2 juta kartu.

"Kartu paspor BCA GPN yang diluncurkan sudah menggunakan standar teknologi kartu chip sehingga bisa menambah kenyamanan nasabah yang bertransaksi di dalam negeri," kata dia dalam acara Peluncuran Kartu Paspor BCA GPN di Menara BCA, Senin (16/4/2018).


Dengan adanya kartu berlogo GPN, menurut Santoso, pihaknya bisa mengurangi biaya-biaya yang tidak perlu. Sebelumnya, BCA harus membayar biaya royalti sebesar 0,2% dari volume transaksi kepada pihak prinsipal asing.

Pada kartu berlogo GPN, biaya royalti tersebut ditiadakan sehingga BCA bisa mengkompensasi nasabah dengan bentuk penurunan biaya administrasi. Santoso mengungkapkan, pihaknya menurunkan biaya administrasi Rp 1.000 setiap bulannya kepada nasabah yang menggunakan kartu paspor BCA berlogo GPN.

"Dengan 16,2 juta pemegang kartu debit kami, maka biaya administrasi yang bisa dikurangi sekitar Rp 194,4 miliar per tahunnya," ujar dia.

170 Juta Kartu Debit

Di sisi lain, Kepala Departemen Elektronifikasi dan GPN BI Pungky Wibowo mengungkapkan, minat masyarakat untuk memiliki kartu debit semakin tinggi pasca BI mencanangkan kartu debit GPN. Hingga saat ini, dia menyebutkan, sudah ada 170 juta pemegang kartu debit, meningkat 22,51% dari bulan sebelumnya.

Setelah BCA, Pungky mengatakan, akan banyak bank lain yang akan menerbitkan kartu debit berlogo GPN. "Pada 3 Mei, serentak diadakan peluncuran kartu debit berlogo GPN oleh semua bank," tutur dia.

Artikel Selanjutnya

Angin Segar Bisnis Bank Lewat Kartu ATM 'Garuda'


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading