Internasional

Putra Mahkota Arab Saudi Mulai Tur Eropa di Paris

News - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
09 April 2018 16:43
Pangeran mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman tiba di Paris, Prancis, hari Minggu (8/4/2018) untuk mengawali tur Eropanya.
Riyadh, CNBC Indonesia - Pangeran mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman tiba di Paris, Prancis, hari Minggu (8/4/2018) untuk mengawali tur Eropa setelah menghabiskan waktu tiga minggu di Amerika Serikat, di mana ia meminta investasi dan dukungan dalam melawan saingannya, Iran.

Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian, yang sebelumnya dekat dengan Pangeran Mohammed ketika menjabat menteri pertahanan di pemerintahan Perancis sebelumnya, menyambutnya di bandara, tulis pihak Kementerian Luar Negeri Arab di Twitter.

Mengutip dari Reuters, pejabat Arab secara terpisah mengatakan Pangeran Mohammed, yang bekerja sebagai Menteri Pertahanan dan juga mengendalikan kebijakan ekonomi dan energi di negara pengekspor minyak nomor satu di dunia, akan bertandang ke Spanyol pada pekan ini.


Ia diagendakan bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron pada hari Selasa (10/4/2018). Agenda Pangeran Mohammed untuk kunjungannya selama dua hari di Paris adalah konflik di Yaman, Suriah, dan kesepakatan nuklir Iran. Ia juga akan menghadiri acara kebudayaan dan forum perekonomian.


Proyek wisata antara Paris dan Riyadh nampaknya akan diumumkan, tetapi ia tidak berharap mendapatkan kesepakatan besar.

Para aktivis berencana melakukan protes pada hari Minggu (15/4/2018). Macron sedang menghadapi tekanan dari para anggota dewan dan kelompok pembela hak asasi manusia atas penjualan senjata Prancis ke koalisi yang dipimpin oleh Arab dalam memerangi pemberontakan Houthi di Yaman yang didukung oleh Iran.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading