Toyota: Sedan Tak Laku Karena Infrastruktur Jalan Belum Baik

News - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
28 March 2018 14:22
Toyota: Sedan Tak Laku Karena Infrastruktur Jalan Belum Baik
Jakarta, CNBC Indonesia - Penjualan mobil tipe sedan di pasar nasional semakin tergerus dari tahun ke tahun. Pada Februari 2018, penjualan sedan termasuk yang untuk armada taksi hanya tercatat 731 unit atau 0,77% dari total pasar 95.737 unit. 

Toyota melihat rendahnya penjualan sedan ini berkaitan erat dengan infrastruktur jalan yang belum baik, di samping juga budaya Indonesia yang senang bepergian bersama-sama keluarga sehingga lebih memilih kendaraa multiguna (multi-purpose vehicle/MPV). 

Corporate PR Head PT Toyota Astra Motor Rouli Sijabat mengatakan kondisi jalan masih menjadi pertimbangan utama masyarakat Indonesia ketika ingin membeli mobil. 


"Indonesia infrastrukturnya masih belum nyambung. Jadi jangan hanya faktor harga turun pasti akan membesar pasarnya, engga juga. Faktor mengenai medan jalan justru menjadi konsen masyarakat membuat mereka kurang minat sedan," jelasnya, Selasa (27/3/2018). 


Dia menuturkan di beberapa negara, mobil juga digunakan sesuai peruntukan. Misalnya, mobil city car hanya dipakai diperkotaan saja, tetapi di Indonesia juga bisa dipakai untuk mudik. 

Karena itu, lanjut Rouli, revisi pajak sedan yang akan dilakukan pemerintah guna membuat harga jual turun belum tentu mampu meningkatkan pasar sedan. 


"Kalau nanti misalnya peraturan sudah ada dan harga sedan jadi lebih terjangkau, kita juga perlu lihat dari masyarakat gimana penerimaannya. Masyarat tidak melulu membeli mobil dari sisi harga, tapi lihat utilitasnya," kata Rouli.
(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading