Pembahasan Penurunan Pajak Sedan Tuntas Bulan Ini

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
13 February 2018 19:52
Pembahasan Penurunan Pajak Sedan Tuntas Bulan Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perindustrian tengah mengupayakan penurunan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) mobil sedan dari saat ini sebesar 30%. 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan usulan ini sedang dibahas bersama dengan Kementerian Keuangan dan diharapkan dapat tuntas pada akhir Februari 2018.

"PPnBM Sedan diharmonisasi dengan SUV (sport utility vehicle), itu sedang dibahas di Kemenkeu, penyelesaiannya sebelum akhir bulan ini," ujarnya di Kementerian Luar Negeri, Selasa (13/2/2018).


Sekjen Kemenperin Haris Munandar mengatakan penyesuaian pajak ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan dan ekspor mobil Sedan.

“Dilihat dari nilainya, bisa aja (PPnBM) sama 10%. Tujuannya (produksi) domestik dulu supaya nanti perusahaan kan kalau ada pasar baru dia berinvestasi dan ada lini produksi sendiri, jadi memungkinkan menjual lebih banyak. Nah sebagian dari lini produksi itu bisa untuk ekspor," jelas Haris.

Dia menjelaskan dalam dua minggu ini pemerintah akan membahas apa saja insentif yang dibutuhkan industri.

"Paling tidak harganya bisa kompetitif. Dua minggu ini kita coba apa yang dibutuhkan industri akan kami bahas, mudah-mudahan bisa selesai," kata dia.
(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading