Ini Dia Skema Baru Pajak Mobil, Bikin Harga Sedan Turun?

News - Raydion Subiantoro, CNBC Indonesia
01 October 2018 11:20
Ini Dia Skema Baru Pajak Mobil, Bikin Harga Sedan Turun?
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, mengungkapkan skema baru pengenaan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) terhadap kendaraan. Melalui skema baru itu, PPnBM terhadap mobil sedan diyakini akan lebih rendah.

Adapun skema baru tersebut telah diusulkan ke Kementerian Keuangan, demi mendongkrak produktivitas industri otomotif nasional untuk menggenjot ekspor.

"Kami sedang menggenjot produksi sedan untuk memperluas pasar ekspor. Apalagi industri otomotif memang berorientasi ekspor dan prioritas dalam penerapan revolusi industri 4.0. Kami juga sedang fokus pada pengembangan produksi kendaraan listrik," ungkapnya melalui siaran pers dikutip, Senin (1/10/2018).


Dalam skema baru yang diusulkan itu, perhitungan PPnBM tidak lagi berdasarkan tipe kendaraan, ukuran mesin, dan peranti penggerak.


Di dalam skema baru, pajak akan diperhitungkan berdasar hasil pengujian emisi karbondioksida dan volume silinder. Batas emisi terendah yakni 150 gram per kilometer dan tertinggi 250 gram per kilometer.

Semakin rendah emisi dan volume mesin, pajak yang dibayarkan semakin murah. Adapun PPnBM yang berlaku adalah 0-50%.

Sementara itu, pemerintah juga memberikan pajak yang lebih rendah untuk kendaraan komersial serta kendaraan yang masuk program emisi karbon rendah (low carbon emission vehicle/LCEV) dan kendaraan bermotor hemat bahan bakar dan harga terjangkau (KBH2) atau dikenal juga dengan low cost green car (LCGC). Di dalam skema pajak ini, PPnBM yang berlaku 0-30%.



(ray/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading