Internasional

Changi Jadi Bandara Terbaik di Dunia 6 Tahun Berturut-turut

News - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
22 March 2018 18:17
Changi Jadi Bandara Terbaik di Dunia 6 Tahun Berturut-turut
Jakarta, CNBC Indonesia - Bandar udara Changi di Singapura kembali raih gelar "Bandara Terbaik di Dunia" selama enam tahun berturut-turut, sementara Hong Kong yang menjadi pesaingnya di kawasan yang sama berada di posisi keempat.

Penghargaan Bandara Dunia (World Airport Awards) 2018 yang diselenggarakan setiap tahun oleh grup riset Skytrax membuat penilaian berdasarkan 13,73 juta survei kuesioner di lebih dari 500 bandara di seluruh dunia, mulai dari bulan Agustus 2017 sampai bulan Februari 2018, kata pihak perusahaan.

"Terpilih menjadi Bandara Terbaik di Dunia selama enam tahun berturut-turut adalah pencapaian menakjubkan untuk Bandara Changi, dan penghargaan ini kembali menunjukkan popularitas bandara di antara para traveller udara internasional," kata CEO Skytrax Edward Plaisted lewat sebuah pernyataan yang dikuti oleh CNBC International.


Ini adalah kesembilan kalinya bandara Singapura ini memenangkan penghargaan internasional terbaik sejak tahun 2000. Bandara ini juga menjadi yang terbaik untuk fasilitas hiburannya.

"Bandara Changi sangat fokus untuk membuat pengalaman di bandara lebih nyaman dan mudah, dan terus berinovasi dengan fitur produk dan layanan baru," kata Plaisted pada pernyataan yang diterbitkan beserta daftar peringkat itu.

Bandara Internasional Haneda Tokyo yang tahun lalu menempati peringkat kedua turun dan bertukar tempat dengan Bandara Internasional Incheon Seoul di posisi ketiga. Bandara Hong Kong naik satu tingkat ke posisi keempat, sementara Bandara Munich merosot dua poin ke peringkat keenam. Bandara Internasional Hamad Doha menutup peringkat lima besar di tahun 2018 ini.


SkyTrax menyebut survei tahunan ini sebagai patokan kualitas untuk industri bandar udara di dunia. Pihaknya mempertahankan independensinya dari segala kendali atau masukan bandar udara, serta melakukan survei pribadi dengan menilai layanan dan fasilitas penumpang.

Berikut adalah peringkat 10 besar dari Penghargaan Bandara Terbaik di Dunia tahun 2018.

1. Changi di Singapura

2. Incheon di Seoul 

3. Haneda di Tokyo

4. Hong Kong

5. Hamad di Doha 

6. Munich di Jerman

7. Chubu Centrair di Nagoya

8. Heathrow di London

9. Zurich di Swiss

10. Frankfurt di Jerman

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading