Pembangunan 7 IPP Kapasitas 4405 MW Terhambat Lahan dan Harga

News - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
21 March 2018 15:16
Pembangunan 7 IPP Kapasitas 4405 MW Terhambat Lahan dan Harga
Jakarta, CNBC Indonesia- Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mencatat terdapat 7 pembangkit IPP (Independent Power Producer) yang pembangunannya terhambat akibat masalah lahan dan harga jual listrik.

"Tiga pembangkit IPP terhambat pengadaan tanah dengan kapasitas 2135 MW dan empat IPP total kapasitas 2270 MW karena belum mencapai finalisasi harga jual listrik," tulis laporan KPPIP, Rabu (21/3/2018).




Laporan KPPIP menyebut persoalan ini sudah dibahas bersama dengan PLN, dan pada Agustus 2017 PLN berkomitmen menyelesaikan soal finalisasi harga jual listrik dan amandemen PPA (Power Purchase Agreement).

Selain itu, telah ada juga Surat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dan arahan Presiden pada Agustus 2017 untuk diharapkan untuk melanjutkan proses negosiasi harga jual beli listrik dengan PLN. "Hingga saat ini kesepakatan harga belum tercapai dan masih dalam tahap proses negosiasi."

KPPIP juga mengupayakan debottlenecking untuk proyek PLTU Cirebon Ekspansi 1000 MW yang hadapi masalah hukum akibat perizinan lahan, serta finansial close PLTU tersebut pada November 2017. (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading