Peringatan Keras Defisit Perdagangan dan Rapuhnya Ekonomi RI

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
15 March 2018 16:21
Defisit neraca perdagangan sudah terjadi tiga bulan berturut-turut. Apa yang salah?
Transaksi berjalan seringkali dipandang sebagai fundamental ketahanan ekonomi suatu negara dari gejolak eksternal. Ketika devisa di suatu negara cukup memadai, maka bisa menjadi bantalan untuk menahan guncangan. Oleh karena itu, mata uang negara dengan transaksi berjalan yang defisit biasanya mudah berfluktuasi karena pasokan valas bergantung kepada investasi portofolio yang bisa datang dan pergi kapan saja. 

Ini tercermin dari nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang volatilitasnya cukup tinggi yaitu 4,55%. Lebih tinggi dibandingkan negara-negara tetangga seperti Singapura (4,17%), atau Malaysia (4,17%). 

Terhadap dolar AS, rupiah melemah 1,3% sepanjang 2018. Sementara dolar Singapura menguat 1,9% dan ringgit Malaysia 3,7%. Pelemahan rupiah salah satunya karena fundamental Indonesia yang rapuh, yaitu tidak adanya dukungan dari transaksi berjalan karena masih defisit. 


Defisit Perdagangan dan PR Industrialisasi yang Belum TuntasReuters
Transaksi berjalan yang surplus membuat mata uang negara-negara tetangga itu punya kekuatan. Mereka tidak bergantung kepada hot money untuk mengerek nilai tukarnya. 

Di Singapura, transaksi berjalan terus-menerus surplus. Kali terakhir Singapura mengalami defisit transaksi berjalan adalah pada 1984.  

Defisit Perdagangan dan PR Industrialisasi yang Belum TuntasReuters


Di Malaysia, transaksi berjalan juga masih surplus meski angkanya semakin menurun. Namun, hasil penilaian Bank Dunia menyebutkan Malaysia masih mampu mempertahankan transaksi berjalan tetap surplus. 

"Perbaikan harga komoditas akan mendorong kenaikan ekspor. Ini sepertinya masih bisa menjaga surplus neraca perdagangan, meski ada tekanan dari sisi impor dan neraca jasa yang defisit," sebut Bank Dunia.
Peringatan Keras Defisit Perdagangan dan Rapuhnya Ekonomi RIFoto: Reuters


PR Industrialisasi yang Belum Selesai
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading