International

Untuk Pertama Kalinya Penjualan Smartphone Dunia Anjlok

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
23 February 2018 14:13
Untuk Pertama Kalinya Penjualan Smartphone Dunia Anjlok
Jakarta, CNBC Indonesia - Penjualan ponsel cerdas (smartphone) di seluruh dunia turun 5,6% di kuartal IV-2017. Ini penurunan penjualan pertama sejak 2004 silam.

Berdasarkan laporan lembaga riset Gartner yang dikutip CNBC International, Huawei dan Xiaomi, perusahaan pembuat ponsel pintar asal China, merupakan yang teratas dari lima perusahaan yang penjualannya mengalami pertumbuhan di kuartal empat tahun 2017. Masing-masing tumbuh 7,6% dan 79%.

"Perpindahan pengguna ponsel fitur ke smatrphone melambat akibat sedikitnya smartphone 'murah' yang berkualitas dan pengguna lebih memilih untuk membeli ponsel fitur yang berkualitas," ujar Anshul Gupta, Direktur Riset Gartner. "Pengguna ponsel fitur yang beralih menggunakan smartphone umumnya memilih smartphone yang berkualitas supaya bisa menggunakannya lebih lama."


Gupta juga mengatakan bahwa penurunan penjualan disebabkan oleh lambannya respon industri untuk menciptakan produk yang lebih baik lagi saat permintaan konsmen untuk kualitas ponsel yang lebih baik, konektivitas 4G dan fitur kamera yang lebih bagus, semakin tinggi.

Meski penjualannya turun 3,6%, Samsung tetap merajai penjualan ponsel dunia. Pangsa pasar Samsung tercata naik pada kuartal IV-2017 dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Penjualan Apple turun 5% dan penjualan Oppo turun 3,9% dibandingkan tahun sebelumnya.

Pangsa pasar lima besar vendor ponsel dunia mencatatkan kenaikan pada kuartal terakhir tahun 2017, memperkokoh posisi mereka di pasar ponsel internasional. Penjualan smartphone sepanjang 2017 meningkat 2,7% dari tahun sebelumnya menjadi 1,5 miliar.
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading