Formula Harga Bensin Premium Rawan 'Dimainkan'

News - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
23 January 2018 15:06
Selama ini formula menggunakan patokan Mean of Platts Singapore (MOPS) yang dinilai tidak transparan
Jakarta, CNBC Indonesia- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang mengkaji formula harga bensin yang berlaku saat ini, dan ada potensi untuk mengubahnya. Pakar migas menyebut formula bensin premium memang rawan dimanfaatkan oknum tertentu.

"Kelemahan utama formula saat ini adalah transparansi penetapan harga premium. Sehingga dalam prosesnya menjadi rawan dimainkan oleh oknum tertentu," kata Pengamat Minyak dan Gas Universitas Gajah Mada Fahmi Radhy.




Fahmi yang pada 2015 bergabung dalam Tim Reformasi Tata Kelola Migas bentukan Kementerian ESDM menceritakan saat itu tim juga sudah mengusulkan untuk merevisi formula harga jual BBM. Salah satu pertimbangannya adalah karena penggunaan faktor Mean of Platts Singapore (MOPS) dan pengalinya yang dinilai tidak jelas.

Tidak hanya formulanya, tim reformasi bahkan menyarankan ke pemerintah untuk hapus bensin premium. Hal ini karena sudah tidak ada lagi negara yang menjual bensin dengan RON 88, sehingga prosesnya di dalam negeri jadi lebih kompleks karena kilang harus mencampur dulu bensin yang oktannya lebih tinggi yakni RON 92 dengan Naptha sebagai campuran.

Proses pencampuran ini, kata Fahmi, tidak transparan dan berimbas pada penetapan harga.



Fahmi juga menambahkan memang sulit untuk menetapkan harga premium karena tidak ada dasar harga internasionalnya. Oleh sebab itu, Fahmi sangat mendukung upaya Kementerian ESDM untuk mengkaji formula harga BBM dan bisa menghadirkan harga yang lebih murah.

Mengutip dari laporan tim reformasi tata kelola migas, Indonesia adalah pembeli tunggal bensin RON 88 dengan volume pembelian jauh lebih besar dibanding dengan transaksi Mogas 92 di kawasan Asia Tenggara. Tetapi, Indonesia tidak memiliki kekuasaan dalam pembentukan harga MOPS untuk Mogas 92 yang jadi patokan harga bensin RON 88.
Artikel Selanjutnya

Cara Pemerintah Jaga Harga Bensin Premium Tahun Ini


(gus/gus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading