Formula Harga Pertamax CS Diubah, Beli Bensin Bisa Murah?

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
08 February 2019 12:53
Formula Harga Pertamax CS Diubah, Beli Bensin Bisa Murah?
Jakarta, CNBC Indonesia- Pemerintah telah menetapkan formula harga jual eceran untuk jenis Bahan Bakar Minyak Umum jenis Bensin dan Minyak Solar yang disalurkan melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan/atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) di titik serah.
 
Rumusan tersebut dituang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM nomor 19 K/10/MEM/2019 dan berlaku sejak 1 Februari 2019. Dalam kepmen tersebut, ditetapkan harga jual dengan batasan margin sebagai berikut:

a. paling rendah 5% dari harga dasar,
b. paling tinggi 10% dari harga dasar.
 
Dasar perhitungannya yakni:
 
a. Untuk jenis Bensin di bawah RON 95 dan jenis Solar CN 48 dengan rumus sebagai berikut:
 
1. Batas bawah:
Mean of Platts Singapore(MOPS)+ Rp952/liter+ Margin (5% dari harga dasar)
2. Batas atas:
MOPS + Rp2.542/liter+ Margin (10% dari harga dasar)
 
Adapun, untuk jenis Bensin RON 95, jenis Bensin RON 98, serta jenis Solar CN 51 dan ke atas ditetapkan dengan rumus sebagai berikut:
1. Batas bawah:
MOPS + Rp1.190/liter+ Margin (5% dari harga dasar)
2. Batas atas:
MOPS + Rp3.178/liter+ Margin (10% dari harga dasar)
 
Ketentuannya, MOPS merupakan bagian biaya perolehan atas penyediaan BBM bensin dan Solar dari produksi kilang dalam negeri dan/atau impor sampai dengan Terminal/Depot BBM, yang mencerminkan harga produk.
 
Besara MOPS dihitung melalui formula menggunakan rata-rata harga publikasi MOPS dengan satuan USD/barel setiap periode tanggal 25 pada dua bulan sebelumnya sampai dengan tanggal 24 pada satu bulan sebelumnya untuk penetapan bulan berjalan.

Margin dan Evaluasi MOPS Bikin Harga Bensin Lebih Wajar
Dengan formula ini, berarti harga bensin RON 92 ke atas mulai diberi margin. Begitu juga dengan MOPS, yang semula dievaluasi 3 bulan sekali kini jadi 1 bulan sekali.
 
Sebelumnya, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan, dengan adanya formula harga BBM ini, maka harga jual Pertamax cs akan lebih wajar.
 
Djoko pun mengungkapkan, formula harga baru itu meliputi pengaturan evaluasi harga MOPS (Mean of Platts Singapore). Ia mengatakan, perhitungan terdahulu, MOPS dievaluasi rata-rata tiga bulan, dengan formula baru, MOPS dievaluasi setiap sebulan.
 
"Range-nya kalau tiga bulan tuh kejauhan. Nah, biar harganya lebih real itu tuh satu bulan," jelas Djoko.
 
Dasar perhitungan harga BBM-nya, selain menggunakan MOPS, juga menggunakan Beta, yang merupakan konstanta yang terdiri dari alpha yang berupa biaya perolehan. Biaya alpha atau biaya perolehan yang dimaksud Djoko adalah biaya kapal yang digunakan untuk membawa minyak.
 
Kemudian, lanjut Djoko, sampai di Indonesia, minyak disimpan, ada biaya penyimpanan yang dikeluarkan, lalu distribusi termasuk iuran BPH Migas.  


Simak video soal harga BBM di tahun politik di bawah ini:
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading