44% Jatah LPG 3 Kg Dikonsumsi Orang Mampu

News - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
19 January 2018 14:12
44% Jatah LPG 3 Kg Dikonsumsi Orang Mampu
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Pertamina (Persero) mencatat konsumsi LPG (elpiji) 3 kilogram mencapai 6,3 juta metrik ton (MT). Hampir separuh dari gas tabung bersubsidi itu diketahui dikonsumsi oleh orang mampu, atau bukan yang membutuhkan.

Berdasarkan data Pertamina dan Tim Nasional Percepatan Penanggulanan Kemiskinan (TNP2K) 44% elpiji dikonsumsi yang tidak membutuhkan, sekitar 3,5 juta MT saja yang dikonsumsi oleh yang layak atau sesuai kriteria.

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik mengatakan distorsi atau penyimpangan konsumsi elpiji 3 kg memang kerap terjadi. Tidak hanya dikonsumsi oleh masyarakat yang tidak berhak, tapi juga masih terdapatnya penimbunan oleh oknum-oknum.


Massa pun mendapat laporan dari kepolisian, dengan sistem penjualan terbuka memang sulit melakukan pengendalian. Dia pun memberi gambaran bahwa di negara mana pun barang subsidi yang dijual dengan sistem terbuka belum ada yang berhasil.



“Memang harus dibuat perbaikan dalam bentuk. Kami sangat berharap aturan Peraturan Menteri atas pengendalian ini cepat selesai,” kata Massa, dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR RI, Kamis malam (18/1/2018).

Rencana pendistribusian tertutup yang semula dijadikan jurus utama untuk menghapus kesalahan penggunaan LPG 3 kg, malah hampir dipastikan tak bisa terealisasi lagi pada tahun ini. Penyebabnya adalah pendataan yang dirasa sulit dilakukan oleh Kementerian Sosial. (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading