Malapetaka Impor LPG: Utang Negara Bengkak, Rupiah Lemah!

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
26 January 2022 06:20
Yanto penjual gas eceran menyiapkan gas di rukonya di kawasan, Ciputat, Tangerang Selatan, Senin 3/1. Harga Gas LPG sejumlah ukuran naik. Sebelumnya Pertamina resmi menaikan gas elpiji sejak 25 Desember lalu. Pantauan CNBC Indonesia dilapangan, Bright gas 5 kg : Rp90 ribu dari Rp80 ribu.
Bright gas 12 kg: Rp175 Ribu dari Rp155 ribu. Gas tabung Biru 12kg : Rp175 ribu dari Rp155 ribu.
Gas 3 kg: Rp21 ribu blm naik.
Dilokasi yang berbeda Rosid selaku penjual gas juga mengatakan ada kenaikan. Gas tabung biru 12kg : dari Rp155 ribu naik Rp165 ribu
Gas tabung Pink 12kg : dari Rp160 naik menjadi Rp170 ribu. 
Gas tabunh Pink 5kg : dari Rp75 ribu naik menjadi Rp80 ribu.
Gas 3kg : tidak naik tetap dengan hari Rp20 ribu.  (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memberikan kritik keras. Kepala Negara menyatakan Indonesia seakan 'membakar uang' puluhan triliun rupiah per tahun demi impor Liquefied Petroleum Gas (LPG).

Itu baru impor. Jokowi juga menyebut negara mengeluarkan subsidi untuk LPG.

"Pertanyaan saya, apakah ini mau kita lakukan terus-terusan? impor terus? Yang untung negara lain, yang terbuka lapangan kerja juga di negara lain," tegas Jokowi saat peresmian pembangunan proyek hilirisasi batu bara menjadi Dimethyl Ether (DME) di Sumatera Selatan, akhir pekan lalu.


Jokowi benar. Impor migas (termasuk LPG) menciptakan beban bagi anggaran negara dan perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

Di sisi anggaran, pemerintah mengeluarkan dana Rp 32,81 triliun untuk subsidi LPG (Elpiji) tabung 3 kg pada 2020. Selama 2011-2020, belanja subsidi Elpiji rata-rata naik 15,83% setiap tahunnya.

Tingginya kebutuhan anggaran subsidi Elpiji menyumbang defisit bagi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Anggaran yang dijalankan dengan defisit membuat pemerintah terpaksa menarik utang.

Halaman Selanjutnya --> Neraca Migas Defisit Terus

Neraca Migas Defisit Terus
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading