Cari Kartu Kredit yang Bebas Annual Fee? Ada Ga Sih!

My Money - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
14 March 2022 19:25
Bisnis Kartu Kredit BRI (KK BRI) mampu mencatatkan pertumbuhan signifikan selama pandemi.

Jakarta, CNBC Indonesia - Penggunaan kartu kredit cukup digemari karena bisa membantu menjaga cashflow karena pembayaran transaksi baru dilakukan ketika jatuh tempo. Tetapi dalam sistem kartu kredit, pengguna rupanya dibebankan pada berbagai jenis biaya, salah satunya annual fee atau biaya tahunan. 

Annual fee merupakan biaya yang harus dibayarkan pemilik kartu sebagai kompensasi layanan dan fasilitas yang diberikan oleh bank penerbit kartu. Besaran biaya tahunan akan berbeda untuk setiap kartu tergantung kebijakan yang ditetapkan oleh pihak bank. Biasanya, besaran annual fee akan semakin tinggi ketika fitur kartu kredit yang ditawarkan semakin lengkap.

Kisaran biaya tahunan untuk kartu kredit jenis silver sebesar Rp 100.000 sampai Rp 150.000. Sementara annual fee untuk kartu kredit jenis platinum bahkan bisa mencapai Rp1.000.000. 


Biaya yang dikeluarkan pengguna kartu kredit untuk annual fee ternyata cukup menjadi beban. Dikutip dari cnbc.com, survei dari Discover pada Mei 2019 menemukan sebanyak 60% konsumen mengatakan bahwa tidak adanya annual fee menjadi faktor sangat penting ketika mereka memilih kartu kredit. Adapun sebanyak 70% konsumen sangat puas dengan kartu tanpa biaya tahunan, sementara hanya 35% konsumen yang sama-sama puas dengan kartu mereka yang mengenakan biaya tahunan. 

Oleh karena itu, kartu kredit bebas biaya tahunan menjadi incaran bagi banyak pengguna. Namun, sebetulnya adakah kartu kredit yang bebas annual fee? Rupanya beberapa bank penerbit kartu kredit menawarkan keuntungan itu. Tentu dengan syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pengguna. 

Kartu kredit bebas annual fee salah satunya dikeluarkan oleh Bank BRI melalui BRI Touch Visa. Dengan kartu kredit ini, pengguna tidak akan dibebankan iuran tahunanSyaratnya adalah aktif menggunakan kartu kredit tersebut dan rajin membayar iuran bulanan. BRI Touch Visa bisa didapatkan oleh nasabah dengan penghasilan minimal Rp 36 juta per tahun. 

Bank lain yang mengeluarkan kartu kredit bebas annual fee adalah Bank Permata, terutama untuk kartu kredit jenis classic, gold, dan platinum. Syarat untuk mendapatkan fasilitas ini adalah dengan menukarkan point reward dalam jumlah tertentu. Pengguna wajib mendapatkan reward sebesar 3.750 poin untuk bisa memiliki kartu tipe classic, 8.750 point reward untuk gold, dan 12.500 point reward untuk platinum.

Bank Mega juga menawarkan produk kartu kredit bebas biaya tahunan. Selain itu, pengguna juga bisa menghapus annual fee kartu kredit Bank Mega tertentu yang memiliki ketentuan biaya tahunan. 

Di samping ketiga bank tersebut, masih banyak penerbit kartu kredit yang membebaskan annual fee dengan syarat dan ketentuannya masing-masing. Adapun annual fee dalam sistem kartu kredit juga bisa dihapuskan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut yang bisa dilakukan pengguna ketika ingin menghapus annual fee kartu kredit. 

1. Mengajukan Permohonan

Pengguna kartu kredit bisa mengajukan permohonan penghapusan iuran tahunan tanpa syarat pada bank penerbit kartu. Namun, tak semua permohon dalam diuji oleh pihak bank.

Pasalnya, pihak bank meninjau riwayat penggunaan kartu kredit dalam setahun terakhir. Ketika pengguna rajin dan tepat waktu membayar cicilan kartu kredit, bisa jadi permohonan itu akan disetujui oleh pihak bank.

2. Minta Pembebasan Bersyarat

Di samping permohonan, pengguna kartu kredit juga bisa meminta pihak bank memberikan pembebasan bersyarat atau tantangan. Tantangan itu biasanya meliputi batas jumlah tertentu dan dalam waktu tertentu saat berbelanja.

Ketika tantangan tersebut terselesaikan dengan baik, pihak bank bakal membebaskan annual fee dari kartu kredit pengguna.

3. Buka Rekening di Bank Penerbit Kartu

Membuka rekening di bank penerbit kartu kredit bisa menjadi salah satu cara bebas dari annual fee. Pasalnya, biaya tahunan tidak mudah diberikan pihak bank kepada para pemegang kartu. Sebab biasanya bank lebih memprioritaskan pada mereka yang memiliki rekening di bank penerbit kartu tersebut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Sampai Bengkak! Gini Pakai Kartu Kredit dengan Bijak


(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading