KPR Milenial, Siapa Punya?

My Money - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
17 February 2022 18:37
Ilustrasi Apartemen

Jakarta, CNBC Indonesia - Kredit Pemilikan Rumah (KPR) nampaknya telah menjadi pilihan umum bagi masyarakat untuk memiliki rumah. Tidak terkecuali milenial, Senior Research Advisor Knight Frank Research Syarifah Syaukat mengatakan, komposisi milenial, di kisaran 26% dari total penduduk memang merupakan konsumen potensial untuk berbagai lini bisnis, tidak terkecuali properti.

"Namun, di rentang usia milenial yang relatif usia produktif muda dan menengah, maka diperkirakan besaran pendapatan dan tabungan belum mencukupi untuk membeli properti dengan pola tunai, dengan demikian alternatif potensial yang dapat ditawarkan adalah melalui KPR," jelas Syarifah kepada CNBC Indonesia di Jakarta, baru-baru ini.

Menurutnya, KPR tentunya bisa menjadi pilihan bagi calon pembeli unit hunian termasuk milenial. Hal ini karena KPR memberikan banyak kemudahan dengan tenor yang lebih lama untuk milenial.


"Apalagi saat ini, selain kemudahan pembiayaan hasil kolaborasi pengembang dan perbankan, pemerintah juga menyediakan perpanjangan insentif PPN DTP (Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah) untuk hunian," jelas Sari.

Saat ini, banyak sekali bank yang memiliki KPR dengan embel-embel milenial dan mengklaim bisa memberikan kemudahan bagi generasi tersebut. Berikut daftarnya!

KPR Gaeesss dari Bank BTN

KPR Gaeesss! merupakan Peruntukan Kredit untuk pembelian rumah (KPR) atau apartemen (KPA) baik dalam kondisi belum tersedia secara utuh (inden) maupun yang telah tersedia secara utuh (ready stock). Bukan cuma itu juga bisa dilakukan bundling program dengan program kredit lainnya yang berlaku sesuai dengan ketentuan Bank BTN khusus untuk Generasi Millenial.

KPR Gaeesss memiliki syarat seperti calon debitur harus memiliki fixed income dengan usia 21 hingga 30 tahun. Adapun tenor bisa hingga 30 tahun dengan suku bunga promo 8,25% fixed selama dua tahun. KPR Gaeesss juga memberikan kemudahan karena DP mulai dari 1%. Diperuntukkan bagi milenial, KPR ini juga wajib diajukan secara online.

KPR Milenial Mandiri

Bank Mandiri juga memiliki program KPR Milenial Mandiri yang dirancang agar generasi muda bisa mempunyai hunian impiannya. KPR Milenial Mandiri memiliki plafon kredit yang lebih tinggi sampai dengan 8% dibandingkan dengan KPR biasa.

Limit yang ditawarkan mulai dari Rp 200 juta sampai dengan Rp 3 miliar. Angsuran berjenjang selama 5 tahun pertama dengan jenjang kenaikan angsuran sebesar 5% per tahun yang mengikuti dengan kenaikan penghasilan calon debitur.

Terdapat 4 pilihan tenor kredit yang bisa diambil, mulai dari 10, 15, 20, dan 25 tahun. Uang muka mulai dari 0% dan suku bunga yang kompetitif.

PermataME KPR

Produk KPR yang memberikan kemudahan bagi kaum muda untuk punya rumah. Produk ini mengklaim bisa memberikan keringanan membayar angsuran sampai dengan jangka waktu maksimal 30 tahun dengan limit pinjaman hingga Rp 5 miliar.

PermataME KPR memberikan keringanan membayar angsuran sampai dengan jangka waktu maksimal 30 tahun, dengan uang muka rendah, dan bunga yang kompetitif. Bukan cuma itu, PermataME KPR juga memberikan angsuran ringan dengan cukup membayar porsi bunga selama 12 bulan pertama (grace period). Karena itu untuk milenial, Bank Permata juga menjanjikan proses yang cepat, simpel, dan relatif mudah.

KPR Easy Start dari OCBC NISP

KPR untuk generasi muda wujudkan rumah impian dengan angsuran rendah. Bahkan KPR Easy Start dari OCBC NISP mengklaim angsuran tidak akan seberat KPR pada umumnya sehingga debitur bisa menyicil rumah dengan aman, namun gaya hidup bisa tetap terpenuhi. KPR Easy Start memberikan cicilan panjang dan memberikan keleluasaan dalam mengatur keuangan dengan jangka hingga 25 Tahun, baik untuk rumah baru, apartemen, maupun second hand.

bjb KPR Gaul

Produk ini dirancang spesial buat anak muda generasi milenial yang memiliki fix income dan ingin sesegera mungkin memiliki rumah idaman. bjb KPR Gaul ditawarkan dengan bunga kompetitif dengan jangka waktu pinjaman mencapai 25 tahun.

Untuk mengakses layanan ini, usia milenial yaitu 21 sampai dengan 35 tahun. Nilai pinjaman atau plafon yang akan didapatkan maksimum Rp1,5 miliar. Besaran minimal penghasilan cukup Rp 3 juta, sudah termasuk joint income

Nah gaes, enggak usah bingung lagi cari KPR buat kita-kita para milenial!


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mau KPR? Ini Daftar Suku Bunga Perbankan!


(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading