Kabar Gak Enak Buat Bos Sawit, Harga CPO Ambles 9,58% Sepekan

Market - Aulia Mutiara Hatia Putri, CNBC Indonesia
07 August 2022 09:15
Pekerja memuat tandan buah segar kelapa sawit untuk diangkut dari tempat pengumpul ke pabrik CPO di Pekanbaru, provinsi Riau, Indonesia, Rabu (27/4/2022). (REUTERS/Willy Kurniawan) Foto: Pekerja memuat tandan buah segar kelapa sawit untuk diangkut dari tempat pengumpul ke pabrik CPO di Pekanbaru, provinsi Riau, Indonesia, Rabu (27/4/2022). (REUTERS/Willy Kurniawan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga komoditas unggulan ekspor RI, yakni minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) anjlok minggu ini seiring dengan melemahnya harga minyak mentah dunia.

Pada Jumat (5/8/2022) CPO ditutup naik 1,49% ke MYR 3.878 per ton dibandingkan hari sebelumnya. Harga CPO bergerak di rentang MYR 3.800-4.000 per ton. Analis menilai, harga CPO memang masih akan berfluktuasi mencari keseimbangan baru. 

Melansir data Refinitiv, harga CPO di bursa derivatif Malaysia kembali terkoreksi 9,58% dalam sepekan. Kondisi ini terjadi karena terbebani oleh prediksi bahwa persediaan CPO Malaysia pada akhir Juli yang lebih tinggi, serta didorong oleh terkoreksinya harga minyak nabati saingan.


Secara teknis, Analis Komoditas Reuters, Wang Tao memprediksikan harga CPO masih menguji titik support di MYR 3.717/ton, penembusan di bawahnya dapat membuka jalan menuju kisaran MYR 3.489-3.598/ton.

Di sisi lain, kebijakan Indonesia untuk kembali mendorong ekspor minyak sawit juga turut membuat harga turun menurut analis.

Jajak pendapat Reuters memprediksikan persediaan CPO Malaysia pada akhir Juli melonjak 8,3% menjadi 1,79 juta ton dan menjadi level tertinggi dalam delapan bulan. Hal tersebut karena adanya peningkatan produksi CPO sebesar 2% menjadi 1,58 juta ton dan menjadi yang tertinggi sejak November 2021.

Analis berpendapat bahwa CPO Malaysia telah tersaingi oleh CPO Indonesia karena pemerintah Indonesia telah memangkas pungutan ekspor dan meningkatkan volume ekspor CPO, sehingga dinilai lebih menarik.

"Harga tunai yang lebih rendah, diskon kelapa sawit yang lebih besar ke minyak kacang saingan terdekatnya dan pengurangan pajak ekspor akan menawarkan peningkatan peluang ekspor kelapa sawit Indonesia, memicu persaingan ke Malaysia," kata Pendiri Palm Oil Analytics Singapura Sathia Varqa.

Namun, Varqa memprediksikan harga CPO akan diperdagangkan sekitar MYR 3.800-4.200/ton (sekitar US$ 943,4/ton) pada Agustus dan September.

Selain itu, menurut Ivy Ng, analis CGS-CIMB Research bahwa kebijakan pemerintah Indonesia dengan memangkas pajak ekspor yang jauh lebih rendah kemungkinan akan meningkatkan ekspor CPO-nya pada Agustus karena pembeli mengambil keuntungan, yang pada gilirannya dapat merugikan permintaan minyak sawit Malaysia.

Tidak hanya itu, terkoreksinya harga minyak kedelai kembali membebani pergerakan harga CPO.

Harga minyak kedelai di Dalian anjlok 3,8% dan harga minyak kedelai di Chicago Board of Trade turun 0,9%. Harga CPO kerap dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak saingan karena mereka bersaing untuk mendapatkan pangsa pasar.

Di sisi lain pada Rabu (3/8/2022), kapal biji-bijian pertama telah meninggalkan Pelabuhan Ukraina menuju Lebanon untuk membantu meringankan krisis pangan global.

Dengan begitu, Refinitiv Commodities Research memproyeksikan adanya harapan untuk pasokan akan mulai normal di Laut Hitam. Wilayah Laut Hitam menyumbang 60% dari produksi minyak bunga matahari dunia dan 76% dari ekspor minyak biji bunga matahari.

Hal tersebut tentunya dapat menurunkan permintaan pada CPO ke depannya karena ketika perang Rusia-Ukraina dimulai pada akhir Februari menyebabkan pengiriman minyak biji bunga matahari terhenti sehingga pembeli dan pedagang beralih ke minyak saingan seperti CPO.

Namun, ketika ekspor minyak biji bunga matahari kembali normal, maka pembeli dan pedagang akan kembali beralih ke minyak biji bunga matahari.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Minyak Sawit Bikin Bos Makin Kaya, Mencekik Rakyat Jelata!


(aum/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading