Sirkuit Mandalika Gelar Motul Superbike, BUMN Karya Garap Ini

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
18 October 2021 13:30
Sirkuit Mandalika (Wisnu/20detik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan konstruksi pelat merah, PT PP Tbk (PTPP) tengah mengerjakan pekerjaan tambahan di Sirkuit Mandalika, di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal ini sejalan dengan akan dihelat World Superbike (WSBK) di sirkuit tersebut pada 19-21 November 2021 mendatang.

Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mengatakan untuk persiapan ini, perusahaan tengah mengerjakan pekerjaan tambahan. Beberapa pekerjaan tersebut seperti Race Control Building, Observation Deck, Medical Center, Helipad, Gantry, dan pondasi Pit Building.


"Untuk mendukung gelaran perdana FIM Motul World Superbike 2021 yang diselenggarakan pada tanggal 10- 21 November 2021 mendatang, PTPP juga dipercayakan untuk melakukan pekerjaan tambah, antara lain: Race Control Building, Observation Deck, Medical Center, Helipad, Gantry, dan pondasi Pit Building," kata Novel dalam siaran persnya, dikutip Senin (18/10/2021).

Dia menjelaskan, sebelumnya perusahaan telah menyelesaikan pembangunan sirkuit sepanjang 4,310 kilometer dengan 17 tikungan yang selesai pada Agustus 2021 lalu.

Pekerjaan yang dilakukan sebelumnya adalah Track Lane, Verge, Run off Asphalt, Run off Grass, Gravel Bed, Service Road, Drainage, Concrete Barrier, Tunnel, Race Control, Gantry, Medical Center, Spectator Fences, dan Observation Deck.

Pengaspalan di sirkuit ini menggunakan metode BIM yang sesuai dengan standar mutu dari Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM) dengan kategori sirkuit kelas A untuk dapat digunakan dalam event Grand Prix.

Selain itu, pengaspalannya menggunakan Stone Mastic Asphalt (SMA). Aspal jenis ini memiliki daya cengkram dengan roda yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kecepatan dan kemudahan manuver berkendara pada rider.

Dengan itu, lintasan ini dapat ditempuh dengan kecepatan puncak hingga mencapai 310 kilometer per jam.

"Lintasan sirkuit yang dibangun oleh PTPP ini merupakan sirkuit Moto GP pertama di Indonesia yang memiliki hasil pengaspalan termulus berkat teknologi yang digunakan dalam pembangunannya. Proyek pembangunan Sirkuit Mandalika ini dikerjakan sejak bulan Juli 2020 sd Agustus 2021dan menjadi pembangunan lintasan sirkuit yang tercepat," jelasnya.

Untuk diketahui, sirkuit ini memiliki area paddock yang dapat menampung sampai dengan 50 garasi. Selain itu, kapasitas tempat duduk sebanyak lebih dari 50.000 tempat duduk dan 138.000 area berdiri.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada Proyek Pegadaian-Cisumdawu, PTPP Kantongi Kontrak Rp6,7 T


(tas/tas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading