Proyek Lintasan Sirkuit Mandalika 4,3 KM Kelar, Balapan 2022?

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
20 August 2021 09:50
Sirkuit Mandalika (Wisnu/20detik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Anak usaha BUMN PT PP (Persero) Tbk (PTPP), PT PP Presisi Tbk (PPRE) akhirnya menyelesaikan pembangunan lintasan Sirkuit Mandalika sepanjang 4,3 kilometer (KM).

Lintasan sirkuit Mandalika merupakan bagian dari Proyek Pembangunan Kawasan Sirkuit Mandalika-Lombok, NTB, yang direncanakan akan jadi ajang arena balap MotoGP tahun depan.

Direktur Utama PP Presisi Rully Noviandar mengatakan pembangunan sirkuit ini memiliki keunikan dan tantangan tersendiri, sebab membutuhkan aspal khusus dan teknik pengaspalan yang berbeda pula. Lebih dari 90% pekerjaan sirkuit ini digarap oleh perusahaan.


"Pembangunan sirkuit ini menuntut penggunaan material aspal khusus yaitu Stone Mastic Asphalt (SMA) yang baru keluar tahun 2015 dengan standar internasional yang digunakan sebagai bahan campuran aspal untuk melapisi permukaan atas aspal serta memperkuat struktur lapisan permukaan lintasan agar pembalap tidak mudah tergelincir saat kondisi hujan," kata Rully dalam keterbukaan informasi, dikutip Jumat (20/8/2021).

Direktur Operasi PP Presisi M. Darwis Hamzah menjelaskan, aspal yang digunakan memiliki daya penetrasi tinggi dengan Penetration (PG) 82 tahun 2015 yang tidak digunakan di seluruh sirkuit di dunia.

Metode pengaspalan yang dilakukan yakni metode tanpa sambungan (non-stop) dan penghamparan dilakukan secara khusus dengan menggunakan 3 unit Milimeter GPS untuk menjamin kualitas permukaan dan kemiringan yang tepat.

"Untuk pengujian kualitas aspal kami menggunakan alat berteknologi tinggi yaitu PQI 380 Non-Distraction tanpa merusak lapisan permukaan aspal. Berdasarkan lingkup pekerjaan PP Presisi, pencapaian pekerjaan Sirkuit Mandalika telah mencapai 98,5% dengan lingkup pekerjaan kami meliputi pekerjaan drainase, pekerjaan tanah, struktur, penghamparan LPA, perkerasan non aspal, dan perkerasan aspal," tandasnya.

Untuk diketahui, sirkuit ini didesain oleh MRK1 Consulting yang berpengalaman mendesain sirkuit-sirkuit balap internasional seperti Chang International Circuit di Buriram Thailand, dan Canadian Motor Speedway Niagara di Canada. Lalu Primring Vladivostok di Rusia, Zhejiang Circuit di Shaoxing China, Baku City Circuit di Baku, Azerbaijan, dan Kuwait Motor Town di Kuwait.

Sirkuit Mandalika ini memiliki keunikan dan tantangan tersendiri bagi para pembalap yang akan berlaga, berupa lintasan sepanjang 4,3 kilometer dengan tikungan sebanyak 17 tikungan dan kecepatan lintas maksimal 310 kilometer/jam, hal tersebut tidak dijumpai pada sirkuit-sirkuit lainnya di dunia.

PP Presisi merupakan perusahaan konstruksi yang merupakan anak usaha PT PP Tbk (PTPP).

Data BEI mencatat pada awal perdagangan Jumat ini (20/8) turun 1,16% di Rp 170/saham dengan nilai transaksi Rp 50 juta. Sepekan saham PPRE minus 7% dan year to date juga anjlok 35%.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

PP Properti Lagi Banyak Utang, PTPP 'Suntik' Pinjaman Rp 4 T


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading