Kisah Ancaman Bangkrut Evergrande China & Efeknya Nan Dahsyat

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
25 September 2021 13:00
FILE PHOTO: FILE PHOTO: An exterior view of China Evergrande Centre in Hong Kong, China March 26, 2018. REUTERS/Bobby Yip/File Photo/File Photo

Selain utang kepada kreditor, para investor juga cemas dengan kondisi perusahaan saat ini. Potensi ini juga memunculkan gelombang protes dari para investornya di kantor pusat Shenzhen China pada Selasa lalu (14/9/2021).

Para investor tersebut mengaku cemas usai perusahaan pengembang yang sedang terlilit utang itu sedang berada di bawah tekanan luar biasa dan kemungkinan tidak dapat memenuhi pembayaran alias default.

Media bisnis setempat, Caixin melaporkan bahwa Evergrande sering melaksanakan penggalangan dana internal. Salah satu produknya disebut 'Chaoshoubao," yang berarti "harta karun return super'.


Evergrande juga menjual WMP ke publik. Sebagian besar WMP ini menawarkan pengembalian 5-10%, dengan investasi minimum 100.000 yuan.

Karena pengembaliannya lebih tinggi daripada WMP yang biasanya dijual di bank, banyak karyawan Evergrande membelinya dan membujuk keluarga dan teman untuk ikut berinvestasi. Salah seorang karyawan mengatakan biasanya, 20 juta yuan WMP dapat terjual habis dalam waktu lima hari.

Perusahaan juga menjual WMP ke mitra konstruksi. Meskipun tidak wajib bagi perusahaan konstruksi untuk membeli WMP, mereka sering melakukannya demi menjaga hubungan baik dengan Evergrande, berkisar 10% dari piutang proyek.

Sekitar 40 miliar yuan dari produk WMP sekarang jatuh tempo.



Aset Perusahaan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4 5 6
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading