Cerita Erick Thohir Soal Kehebatan RI Bangkit dari Krisis

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
03 September 2021 17:37
Menteri BUMN Erick Thohir di acara Kedatangan Dukungan Alat Kesehatan Covid-19 dari New York, 17 Agustus 2021. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan Indonesia mampu untuk terus bangkit dari setiap krisis yang melanda. Bahkan Saat ketika kembali terjadi krisis dengan dampak yang lebih besar, segala upaya dilakukan agar Indonesia kembali bangkit.

Hal ini disampaikan Erick dalam sambutannya di acara Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian BUMN, Jumat (3/9/2021).

"Tentu kalau kita mengaca bagaimana bangsa Indonesia terus bangkit dari krisis ke krisis, itulah salah satu kekuatan bangsa kita. Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa terus semangat dan bangkit," kata Erick, Jumat ini.



"Tentu di tahun 98 kita menghadapi krisis ekonomi yang di mana lebih kepada krisis keuangan. Tetapi kalau yang kita hadapi hari ini ini luar biasa karena ini benar-benar krisis yang dampaknya menyeluruh, tidak hanya di ekonomi tapi juga di manusianya sendiri," lanjutnya.

Dia menjelaskan, pada 1998 terjadi krisis yang berdampak pada korporasi besar. Sedangkan, saat pandemi ini justru terjadi krisis yang berdampak pada usaha-usaha sekelas UMKM.

Padahal, UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia dengan 99% pembukaan lapangan kerja terjadi di sektor ini.

Untuk itu, kata dia, saat ini kementerian yang dipimpinnya saat ini telah berupaya untuk mendukung kebangkitan UMKM dengan mengintegrasikannya dengan supply chain perusahaan pelat merah.

Ini melakukan kelanjutan dari kontribusi BUMN selama 20 tahun terakhir senilai Rp 3.290 triliun kepada negara, dalam bentuk pajak, dividen dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP).


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading