Ekonomi Banyak Negara Stagnan Hingga 2045, Kecuali RI!

Market - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
18 March 2022 16:40
Erick Thohir

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus terjadi setidaknya hingga 2045 mendatang. Optimisme ini disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir saat berbicara di Sidang Dewan Pleno BPP Hipmi 2022, Jumat (18/3/2022).

Menurut Erick, tidak banyak negara yang perekonomiannya akan terus tumbuh hingga 2045. Apalagi, saat ini disrupsi besar-besaran sedang melanda dunia dan berdampak pada kehidupan seluruh negara.

"Kita harus optimis. Tidak banyak negara yang perekonomiannya terus tumbuh sampai 2045, silakan cek. Sekarang justru banyak negara saat ini mengalami disrupsi yang sangat amat berat. Indonesia mengalami juga. Kita ini sedang alami tiga disrupsi yang berat. Satu, yaitu disrupsi kesehatan yang kini kita masih menjalaninya," kata Erick.


Kedua, disrupsi akibat digitalisasi juga terjadi dan semakin cepat dirasakan dampaknya akibat pandemi Covid-19. Ketiga, disrupsi terjadi akibat rantai pasok (supply chain) komoditas dunia terganggu.

Erick berkata, Indonesia tak perlu takut menghadapi ketiga disrupsi ini karena pertumbuhan ekonomi diyakini akan selalu terjadi.Selain itu, hilirisasi sumber daya alam (SDA) yang sudah dilakukan juga menambah kekuatan Indonesia menghadapi gelombang disrupsi.

"Tapi kita sepakat jangan takut, ekonomi kita terus tumbuh, SDA kita sangat kuat dengan hilirisasi dan ekonomi digital kita akan terus tumbuh juga," ujarnya.

Menurut Erick, ke depannya ada 4 kapabilitas yang harus dimiliki pelaku usaha. Pertama, semua jenis usaha harus bersiap untuk transformasi digital. Kedua, kepekaan terhadap pasar harus dijaga dan ditingkatkan. Ketiga, melakukan inovasi berkelanjutan. Terakhir, menjaga arus kas yang sheat.

"Managemen keuangan menjadi kunci dan itu yang sering dihadapi di UMKM juga. Ketika modal usahanya bercampur dengan kehidupannya, uang keuntungan berusaha tidak dipakai untuk investasi usaha tapi dibelikan untuk kesenangan kehidupan. Akhirnya usahanya tidak tumbuh. padahal disiplin keuangan harus menjadi kunci," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pengakuan Erick Thohir: Kami Sudah Tutup 70 BUMN


(RCI/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading