Review

Rapor Saham 8 Bank Milik Crazy Rich RI, Siapa Jawara di Juni?

Market - Aldo Fernando, CNBC Indonesia
01 July 2021 08:40
Anthoni Salim

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah grup konglomerasi raksasa di Tanah Air tercatat memiliki lini bisnis perbankan yang berfungsi untuk melengkapi ekosistem usaha mereka.

Bank-bank yang dimiliki oleh grup konglomerasi tersebut memiliki modal inti yang beragam, mulai dari bank BUKU 2 (modal inti Rp 1 - Rp 5 triliun), BUKU 3 (Rp 5 - 30 triliun), sampai BUKU 4 (lebih dari Rp 30 triliun).

Adapun grup konglomerasi yang dimaksud di atas ialah Grup Salim yang memiliki PT Bank Ina Perdana Tbk (BINA), Grup CT Corp dengan PT Bank Harda Internasional Tbk (BBHI) atau Allo BankIndonesia, Grup MNC mempunyai PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP), Grup Lippo dengan PT Bank Nationalnobu Tbk (NOBU).


Selanjutnya, Grup Djarum yang menguasai PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), Grup Sinar Mas dengan PT Bank Sinarmas Tbk (BSIM), Grup Mayapada dengan PT Bank Mayapada Internasional Tbk (MAYA).

Sebagai tambahan, bankir kawakan Jerry Ng dan mitranya, serta pendiri perusahaan investasi Northstar Pasific Patrick Walujo memiliki PT Bank Jago Tbk(ARTO).

Di antara bank-bank tersebut, ada yang sudah sejak lama dimiliki oleh grup, seperti Bank Mayapada yang didirikan pada 1989 oleh taipan Dato 'Sri Tahir. Ada pula yang baru 'dicaplok', misalnya BBHI yang resmi jadi milik Grup CT Corp pada tahun ini.

Sejumlah bank grup konglomerasi tersebut berencana melakukan aksi korporasi. Sebut saja, BINA dan BBHI yang berencana melakukan Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) aliasrights issue.

Selain itu, BABP yang baru-baru ini resmi mendapatkan lisensi digital onboarding dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Lantas, bagaimana pergerakan saham-saham bank tersebut selama sebulan terakhir?

Pada halaman berikutnya, Tim Riset CNBC Indonesia menyajikan tabel dan akan membahas secara singkat kinerja saham bank-bank yang dimaksud. Hanya saja konglomerasi milik negara yakni bank BUMN belum dimasukkan dalam daftar ini.

NEXT: Begini Rapor Bank-bank Konglomerasi

Simak Laju Saham Bank Grup Konglomerasi!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading